Program Akses Kerja, Mahasiswa IMWI Masuk Dunia Kerja

SUKABUMI — Program Akses Kerja (PAK) yang digulirkan IMWI (Institut Manajemen Wiyata Indonesia) menjadikan perguruan tinggi di Jalan Gudang Kota Sukabumi itu memiliki nilai lebih dibandingkan kampus lainnya. Melalui PAK, para mahasiswa didorong untuk memasuki dunia kerja sebelum mereka lulus sarjana.

“Program ini diberikan kepada mahasiswa kelas unggulan tepatnya yang sudah duduk di semester 7. Dengan program ini, nantinya mahasiswa telah memiliki pengalaman kerja ketika mereka lulus sarjana,” kata salah satu dosen IMWI, Ce Gunawan kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Pada program tersebut, ujar Gunawan, para mahasiswa  diakseskan untuk memperoleh posisi ke perusahaan-perusahaan relasi IMWI yang bergerak di berbagai sektor seperti manufacture, lembaga keuangan, jasa, perhotelan, dan rumah sakit yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Biasanya peserta program akan meraih posisi pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan talenta masing-masing.

Untuk pengelolaan program tersebut, pimpinan kampus membentuk bagian khusus yang bernama IMWI Career Centre. Dalam praktiknya, IMWI Career Centre ini juga melaksanakan program pengembangan karier bagi peserta didik yang telah lulus sarjana.

“Diharapkan Program Akses Kerja ini dapat membantu banyak pihak, selain untuk mahasiswa dan orang tua yang bersangkutan, juga untuk pihak perusahaan dan pemerintah dalam hal pengurangan pengangguran terdidik di Indonesiakhususnya di Sukabumi,” jelas Ce Gunawan.

Mahasiswa yang sukses meraih pekerjaan melalui program tersebut antara lain Intan AB dan Fidia Mardini. Intan memperoleh pekerjaan di PT. Pratama sebagai tenaga admin dengan tugas khusus menangani tamu dari luar negeri. Alumnus SMAN 3 Kota Sukabumi ini memiliki kemampuan yang bagus dalam hal berbahasa Inggris dan berkomunikasi.

Adapun Fidia mendapat kepercayaan untuk menduduki posisi sekretaris direktur di RS Rido Galih Sukabumi. Bagi IMWI, ujar Ce Gunawan,  keberhasilan PAK  melahirkan suatu kebanggaan karena hal ini merupakan salah satu indikator keberhasilan sistem pendidikan di IMWI. Pola pendidikan yang diterapkan di IMWI, lanjutnya,  sangatlah bagus, berkualitas, dan berdaya saing tinggi. red

Lihat Juga...