UNBK Ditahun ini Digelar Seluruh SMP dan SMA/SMK Sukabumi

SUKABUMI — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi memastikan seluruh SMP dan SMA/SMK di Kota Sukabumi akan mengikuti sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sebelumnya, yang melaksanakan UNBK hanya tingkatan SMA/SMK.

Penyelenggaraan ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kota Sukabumi masih dilakukan dengan berbasis kertas. Hal ini disebabkan minimnya ketersediaan komputer untuk melaksanakan UNBK di tingkatan SMP.

“Namun, tahun ini semua SMP dan SMA/SMK baik negeri maupun swasta semuanya UNBK termasuk MTs serta MA,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Dudi Fathul Jawad kepada wartawan Selasa, (27/3).

Ia menerangkan untuk pelaksanaan UNBK di tingkatan SMP akan dilakukan kerja sama dengan tingkatan SMA/SMK dalam hal peralatan komputer. “Bantuan fasilitasi komputer dari SMA/SMK ke SMP itu sesuai dengan perintah dari kepala dinas pendidikan Jawa Barat,” tandasnya.

Menurutnya, ke depan atau pada 2019 mendatang akan dianggarkan pengadaan komputer untuk tingkatan SMP. “Saat ini telah dibuat perencanaan pengadaan komputer besar-besaran,” imbuhnya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, pelaksanaan UNBK akan dimulai dari UNBK SMK pada 2 April hingga 5 April nanti. Lalu UNBK SMA/MA pada 9 hingga 12 April serta UN susulan SMK/SMA/MA pada 17 April hingga 18 April. “Berikutnya, untuk tingkat SMP/MTs, UNBK akan diselenggarakan pada 23 hingga 26 April dan ujian susulannya pada 8 hingga 9 Mei,” pungkasnya. net

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan