Geopark Fun Day Jadi Langkah Promosi Geopark Ciletuh

SUKABUMI KAB — Penyelenggaraan Event Geopark Fun Day di Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, menampilkan berbagai kegiatan diantaranya Geo Color Run, Geo Paralayang, Geo Traditional Food, dan lain sebagainya Minggu, (15/04). Kegiatan yang di usung merupakan salah satu upaya mempromosikan keunggulan Geopark sebagai Destinasi Wisata kelas dunia.

Sekaligus untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai tradisi seni dan budaya, kepedulian terhadap pelestarian alam serta semangat hidup sehat melalui olahraga sehingga dapat meningkatkan prinsip-prinsip sadar wisata dan sapta pesona.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melepas peserta kegiatan Geo Color Run yang diikuti puluhan kalangan pelajar, Pegawai maupun masyarakat Umum. Hadir pada kesempatan itu pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) beserta Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono serta jajaran Forkompimda baik dari Provinsi Jawa Barat atau Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawabarat Aher menyebutkan, Destinasi Pariwisata di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kabupaten Sukabumi akan terus dikembangkan dan menghadirkan konsep baru untuk menarik perhatian internasional dengan namanya Geoprak Ciletuh Palabuhanratu.

“Kalau destinasi pariwisata di daerah lain hanya mendapatkan pengakuan nasional saja tetapi Geopark Ciletuh Palabuhanratu empat hari yang lalu telah sah mendapatkan pengakuan dunia,” terangnya.

Aher pun meminta kepada seluruh masyarakat agar senantiasa ikut serta dalam menjaga dan mengembangkan destinasi wisata yang telah ada. ‘’ tantangan kita adalah menata kawasan ini sehingga kawasan ini semakin hari bukan berkembang ke arah kekumuhan tetatapi semakin hari semakin berkembang lagi ke arah yang lebih indah dan itu semuanya harus ada komitmen bersama, mendesign secara bersama-sama kawasan ini siapun kita didalamnya, kita harus berani harus bersedia ditata dengan baik supaya kawasannya sangat indah dan sangat bagus karna akan membanggakan kita semuanya,” tambahnya

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang dianugerahi sumberdaya alam serta potensi dan destinasi wisata yang luar biasa.

“Potensi wisata berupa gunung, rimba, laut, pantai, sungai, seni dan budaya dengan istilah “GURILAPSS”, merupakan aset sumber daya alam yang tak ternilai harganya, potensi tersebut merupakan ciri khas eksistensi bidang pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Terkait dengan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu yang kini tengah menjadi Sorotan Dunia Internasional serta telah mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional yang dikukuhkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Ia berharap Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu menjadi destinasi Wisata Internasional yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Usai acara geo colour run, Ahmad Heryawan di dampingi Bupati Sukabumi secara resmi membuka kegiatan Geo Paralayang yang di ikuti oleh puluhan peserta atlit para layang se-indonesia. Nampak hadir, ratusan masyarakat menikmati indahnya seni terbang paralayang yang di kendalikan oleh para atlit di udara.

Seusai acara berlangsung, Rombongan orang nomor satu di jawabarat beserta Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyempatkan diri untuk singgah dan mengunjungi perkemahan santri yang tak jauh dari Lokasi tempat di selenggarakannya Event Geopark Fun Day. Met

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan