Sebanyak 600 Orang Telah Mendaftar Mudik Gratis 2018

SUKABUMI — Pendaftar mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kota Sukabumi, Jawa Barat mencapai 600 orang. “Walupun hari raya masih lama, namun warga yang berminat mendapatkan pelayan mudik gratis terus bertambah setiap harinya,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Imran Whardhani di Sukabumi, belum lama ini.

Untuk tahun ini lanjut Imran pihaknya menyiapkan 750 kursi untuk mudik gratis, jika tidak ada yang mengundurkan diri maka kursi yang tersedia hanya tinggal 150 orang lagi. “Progam mudik gratis menyediakan 17 unit bus yakni 15 unit bus dari pemerintah pusat serta unit bus dari Pemkot Sukabumi,” tuturnya.

Menurutnya mudik gratis itu pun merupakan agenda rutin tahunan pemerintah pusat sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi serta menekan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di daerah tujuan mudik. Selain itu pemerintah tidak hanya menyiapkan armada saja, namun menyiapkan tim medis serta yang lainnya untuk mengantisipasi adanya penumpang yang sakit serta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Badan Narkotika Nasional (BNN) dan instansi lainnya,” imbuhnya.

Imran mengatakan Dishub Kota Sukabumi menyiapkan kendaraan truk untuk mengangkut sepeda motor yang dibawa pemudik. Diharapkan, dengan berbagai pelayanan tersebut dapat mengantisipasi serta menekan angka kecelakaan lalu lintas pada saat mudik lebaran.

Adapun anggaran disediakan untuk pelaksanaan program mudik gratis tersebut yakni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Sukabumi yang besarannya Rp21 juta.

“Jurusan mudik gratis ini yakni ke Solo serta Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya di wilayah Jawa Tengah. Sementara, untuk rutenya ada yang melalui jalur Pantai Utara Jawa dan Pantai Selatan Jawa,” katanya. ant

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan