Paturay Tineung SMKN 1 Gunungguruh Bernuansa Budaya Sunda

GUNUNGGURUH – SMK Negeri I Gunungguruh Kabupaten Sukabumi menggelar acara paturay tineung (perpisahan) 284 siswa dari berbagai jurusan. Mereka merupakan siswa kelas XII dari jurusan Teknik Gambar Bangunan, Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif), serta Teknik Komputer dan Jaringan.

Kegiatan yang bertema “Bral Geura Miang, Geura Tandang Neang Kahayang” tersebut diisi dengan ragam kegiatan yang Bernuansa Budaya Sunda. Mulai dari dekorasi panggung yang disulap menjadi Saung dengan atap dari ilalang sampai pada acara yang disuguhkan. “Semuanya dikonsep Budaya Sunda. Selain itu, berbagai seni pun ditampilkan seperti Kacapi Suling, Degungan dan Bobodoran . Tidak ada hingar bingar musik band maupun dangdut. Bahkan pidato sambutan dari kepala sekolah dan ketua panitia seluruhnya menggunakan Bahasa Sunda dengan pakaian lengkap Adat Sunda,” kata Kepala SMKN I Gunungguruh, Cece Supriadin Wakili Guru Bidang Kesiswaan Ismatullah belum lama ini.

Ismat menyebutkan siswa lulusan SMKN I Gunungguruh sudah ada yang diminta bekerja di beberapa perusahan. “Awalnya sekolah ini tidak terlalu dikenal. Alhamdulillah sekarang menjadi salah satu sekolah favorit. Kami selalu melakukan berbagai inovasi,” kata dia.

SMKN I Gunungguruh memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang keterampilan setiap siswa. “Sarana dan prasarana yang ada sudah mencukupi. Mudah-mudahan ke depan jumlah siswa terus bertambah pesat,” jelas dia.

Ke depan ia berharap prestasi yang sudah dicapai saat ini bisa lebih berkembang dan dipertahankan. Sedangkan kekurangannya akan terus ditingkatkan sehingga ke depan bisa menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Sukabumi. “Semua prestasi yang sudah diraih dapat dipetahankan dan terus menggali potensi yang belum tercapai, sehingga sekolah kami ke depannya bisa menjadi unggulan dan favorit,” pungkasnya. sep

Lihat Juga...