Desa Bojongraharja Bangun Jembatan Penghubung Antar Desa

 

CIKEMBAR — Pemerintah Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, manfaatkan Dana Desa (DD) tahap satu 2018 sebesar Rp. 73.682. 750,- untuk membangun jembatan desa di Kampung Sampora RW 07. Dari informasi yang diperolah jembatan tersebut dibangun sepanjang 17 meter, lebar 1 meter dan lama pengerjaan 24 hari kerja.

“Jembatan ini menjadi prioritas pembangunan kami di tahun ini,” kata Kepala Desa Bojongraharja Sudarmat diwakili Sekertaris Desa (Sekdes) Taufik Hidayat kepada www.sukabumizone.com Selasa, (8/5/2018).

Menurutnya, jembatan tersebut yang merupakan jembatan penghubung antara Desa Bojongraharja dan Desa Bojong kondisinya cukup memprihatinkan karena lama tidak diperbaiki.”Keadaannya cukup rawan kecelakaan. Ini yang jadi pemikiran kami dan masyarakat untuk segera membangun jembatan ini,” tuturnya.

Selain itu ia berharap, jembatan tersebut dapat menjadi sarana dalam menunjang berbagai faktor dilingkungan masyarakat. “Misalnya memperkuat implementasi tata kelola pemerintahan yang berbasis langsung dari inisiatif dan partisipasi aktif masyarakat untuk membangun infrastruktur dasar perdesaan,” ujarnya.

Senada dikatakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Bojongraharja Denden Abdul Muis. Menurut dia, peroses pembangunan jembatan tersebut telah ditempuh sesui prosedural. Dimana, sistem yang digunakan mengacu pada pendekatan pemberdayaan dan pastisipasi aktif masyarakat individu maupun kelompok agar turut mendukung pembangunan tersebut. “Tujuan kuatnya bertumpu pada peningkatan Ekonomi, Sosial, Keagamaan serta sentra-sentra produksi perdesaan agar tetap tumbuh berkembang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Sampora Apud Mahpudin mengucapkan, banyak terimakasih kepada pemerintah desa karena telah merealisasikan pengajuan masyarakat untuk membangun jembatan ini. “Saya mewakili masyarakat sangat senang sebab jembatan ini merupakan akses utama bagi masyarakat di Kedusunan Sampora. Diharapkan dengan dibangunnya jembatan ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahtraan warga,” pungkasnya. Sep

Lihat Juga...