Kreativitas Lewat Bros Bernilai Ekonomis Tinggi

CIKEMBAR – Kreativitas bisa muncul kapan saja. Asal ada niat baik dan usaha, semuanya dapat terwujud. Ini tentu akan menjadi hal yang menggembirakan, jika dijalani dengan senang hati. Setidaknya itulah yang sekarang dijalani Ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu di Desa Parakanlima Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Untuk mendukung dan menggembangkan kreativitas tersebut maka, baru-baru ini Pemerintah Desa (Pemdes) Parakanlima mengadakan pelatihan kepada 60 Ibu-ibu terdiri dari 40 Ibu-ibu Kader Posyandu dan 20 Ibu-Ibu PKK.

“Pada kegiatan ini kami memberikan pelatihan bagaimana membuat Bros sebagai aksesoris pemanis Jilbab yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak diminati saat ini,” kata Ketua TP-PKK Desa Parakanlima Ipah Saripah kepada www.sukabumizone.com Rabu, (9/5).

Menurutnya, pelatihan yang diberikan sebagai langkah atau upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. “Bayak waktu luang yang dimiliki ibu-ibu saat ini. Kenapa tidak waktu luang itu digunakan untuk membuat sesuatu yang justru dapat menghasilkan rupiah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Parakanlima Beben Subeni diwakili bendahara desa Ani Heryani mengatakan, pelatihan tersebut merupakan realisasi dari program pemberdayaan dengan anggaran sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD) tahap satu 2018.

“Ya, salah satunya program pelatihan terhadap Ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu ini. Kami harap setelah mereka mendapatkan ilmu dalam membuat Bros, Ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu ini bisa mengajak ibu-ibu lain di masyarakat Desa Parakanlima untuk turut serta mengembangkan keterampilan mereka sehingga mampu menghasilkan tambahan uang,” imbuhnya.

Lanjut Ani, selain pelatihan terhadap Ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu. Pihaknya, juga akan melakukan pelatihan pengelolaan sampah berskala rumahtangga, pelatihan sistem keuangan berbasis aplikasi, pelatihan kader teknis fisik lapangan dan lainnya. ” Pelatihan-pelatihan inilah yang kami harap dapat meningkatkan skill masyarkat dan perangkat desa dalam menjalankan tugas,” pungkasnya. Sep

Lihat Juga...