Pemdes Cimanggu Berikan Bimtek Terhadap Puluhan Anggota Linmas

CIKEMBAR — Puluhan Anggota Linmas di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan kegiatan pembinaan keamanan dan ketertibandari dari pemerintah desa bekerja sama dengan Anggota Polsek Cikembar dan anggota TNI di Aula Desa Cimanggu Senin, (14/05).

Pjs Kepala Desa Cimanggu diwakili Bendahara Desa Cimanggu Ai Sri Rayatri menjelaskan, Bimtek Linmas diikuti 37 anggota Linmas yang ada di Desa Cimanggu. Jumlah anggota tersebut merupakan hasil dari pengurangan sebelumnya yang berjumlah kurang lebih 60 anggota Linmas. “Sebelumnya memang jumlahnya lebih banyak. Namun, saat ini telah di kurangi dengan alasan anggota Linmas yang tidak produktif atau usianya sudah sangat tua,” tutur Ai kepada www.sukabumizone.com Senin, (14/05).

Menurutnya, kegiatan Bimtek tersebut merupakan realisasi dari program pemberdayaan dengan sumber anggaran sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD) tahap satu 2018. “Program pemberdayaan ini tentunya bukan hanya Bimtek Linmas. Akan tetapi, banyak Bimtek-bimtek lainnya yang telah dan akan diselenggarakan Pemerintah Desa Cimanggu,” tuturnya.

Ia pun mengulas, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap Linmas yang merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional. Linmas juga merupakan setuan keamanan Indonesia yang di bentuk di setiap desa dan anggotanya diangkat dari warga masyarakat yang telah diberikan pelatihan oleh TNI/Polri dibawah pengawasan dan pemantauan Kepala Daerah (Bupati).

“Sehingga Fungsi Linmas dalam kehidupan masyarakat sehari-hari berdasarkan asas legalitas adapun kegiatan dan pelatihan ketrampilan bagi anggota Linmas yang diberikan oleh pelatih di antaranya terkait deteksi dini tentang ketentraman dan ketertiban, penanggulangan kedaruratan, bela diri, senam tongkat, siskamling dan penanggulangan kebakaran,” imbuhnya.

Untuk itu, Pemerintah Desa Cimanggu menganggap kegiatan Bimtek sebagai skala prioritas yang harus dilakukan. ”Karena kegiatan Bimtek yang dilakukan sangat diperlukan bagi anggota Satlinmas yang ada di desa ini karena petugas linmas juga turut berperan aktif membantu tugas tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkunganya masing-masing seperti bila ada kegiatan masyarakat di lingkungan desanya maupun pada saat ada Pesta Demokrasi dan lain sebagagainya,”ungkapnya. Sep

 

Lihat Juga...