Pemkab Sukabumi Dukung Tahun Kebangkitan Zakat 2016-2020

SUKABUMI — Pemkab Sukabumi gaungkan gerakan tahun kebangkitan zakat 2016-2020. Hal tersebut sejalan dengan visi Sukabumi dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri. “Baznas akan terus melakukan upaya serta ikhtiar dan inovasi dalam mengumpulkan zakat yang sebesar-besarnya,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami kepada wartawan belum lama ini.

Hal tesebut disampaikannya dalam kegiatan penyaluran dana zakat ashnaf sabilillah di Gedung Pusbangdai Cikembang, Kecamatan Cikembar. Langkah tersebut lanjut Marwan, untuk menyukseskan tahun kebangkitan zakat 2016-2020. “Para pimpinan dan jajaran pengelola madrasah pendidikan Alquran dan imam masjid, diharapkan ikut mendakwahkan kewajiban berzakat kepada masyarakat,” ujar Marwan.

Menurut Marwan, potensi zakat terbesar berada di masyarakat yang menjadi obyek. Selama ini kemungkinan warga sudah membayarkan zakat akan tetapi dibagikan sendiri.

“Namun, penunaian zakat melalui lembaga akan sangat dirasakan manfaatnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan ashnaf. Selain itu dapat disalurkan secara tepat sasaran,” imbuhnya.

Untuk mendukung kesadaran zakat di masyarakat, Marwan mengatakan, Pemkab Sukabumi telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2016 tentang Gerakan Infaq, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan lainnya berbasis masyarakat. “Gerakan itu dinilai terbukti banyak memiliki manfaat yang dapat di rasakan masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan serta kebutuhan yang timbul,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...