Dishub Larang Kendaraan Tonase Besar Melintas di Sukabumi

SUKABUMI — Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat saat ini mulai melarang kendaraan bertonase besar melintas di sejumlah jalur mudik. Larangan dilakukan demi mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

“Arus lalu lintas mulai padat apalagi di jalur utara Kabupaten Sukabumi, kepadatan terjadi di beberapa titik,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana belum lama ini.

Menurutnya, keberadaan kendaraan bertonase besar tentunya akan menambah kepadatan arus lalu lintas, bahkan bisa membuat kemacetan bertambah parah.

“Pelarangan melintas diberlakukan hingga H+3 Idul Fitri atau setelah puncak arus balik berakhir. Adapun kendaraan berat yang dilarang beroperasi dari H-3 sampai H+3 Lebaran adalah kendaraan bukan pengangkut pangan atau bahan bakar,” imbuhnya.

Jika ada yang melanggar aturan, tentunya pihaknya tidak segan memberikan sanksi tegas kepada pelanggar seperti mengandangkan kendaraan atau truk bertonase besar itu.

“Untuk kendaraan pengangkut pangan serta bahan bakar minyak (BBM) masih diizinkan melintas sebab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat apalagi menjelang lebaran konsumsi pangan dan BBM meningkat drastis,” tambahnya.

Thendy menjelaskan, untuk mengamankan serta mengatur arus lalu lintas pihaknya menurunkan 267 anggotanya yang akan disebar di titik rawan kemacetan serta tujuh posko khususnya di jalur mudik Sukabumi,”pungkasnya. rol

Lihat Juga...