Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi Miliki Daya Pikat

SUKABUMI — Kawasan wisata Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, menjadi salah satu lokasi favorit bagi warga untuk berwisata di momen libur Lebaran. Tempat tersebut menawarkan pemandangan indah sebab berada di pinggiran aliran Sungai Cimandiri.

Di kawasan Cikundul itu sendiri terdapat lokasi pemandian air panas yang dikenal masyarakat. Warga dapat menikmati pemandian air panas alami baik di kolam terbuka maupun di tempat khusus yang tertutup.

Saat ini pemandian air panas tersebut dikelola lebih baik dengan menyajikan sejumlah sarana pendukung. Hal tersebut seperti terdapat saung atau gazebo yang bercirikan khas sunda dan menghadap langsung ke aliran sungai. Sehingga kawasan itu tampak lebih menarik serta berwarna dengan adanya keterlibatan seniman yang menata pemandian dengan artistik seperti melukis bebatuan.

Pembenahan itu membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan pada momen libur Lebaran pada Minggu, (17/6). Pada hari ketiga setelah lebaran banyak warga yang datang ke lokasi tersebut.

“Pemandian air panas ini jadi lebih menarik,” kata salah seorang pengunjung asal Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Dian (36). Ia mengaku lebih memilih ke Cikundul untuk berwisata sebab lokasinya dekat dari pusat Kota Sukabumi.

Menurut Dian, ia khawatir bila berlibur ke luar Sukabumi akan mengalami kemacetan. Apalagi di kawasan Cikundul pemandangan alamnya cukup indah serta menarik tidak kalah bila dibandingkan dengan obyek wisata lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Kota Sukabumi Yudi Yustiawan mengatakan, kawasan Cikundul menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kota Sukabumi. “Kawasan Cikundul masuk dalam kawasan strategis destinasi pariwisata (KSDP) Sukabumi,” ujarnya.

Kawasan tersebut khususnya masuk dalam KSDP Zona 3 yang meliputi kawasan agroeduwisata Cikundul serta pemandian air panas Cikundul. Di mana tema yang menjadi unggulan di kawasan itu yakni wisata alam. “Sementara sasaranya yaitu produksi edukasi, konservasi, serta wisata alam yang berbasis pertanian serta wisata alam yang berbasis sumber daya alam air panas,” imbuhnya.

Lurah Cikundul Kecamatan Lembursitu Agus Heryanto menambahkan, dari pantauannya pada hari ketiga setelah lebaran jumlah pengunjung ke kawasan pemandian air panas Cikundul meningkat. “Pengunjung sangat padat tidak hanya dari Sukabumi melainkan dari luar juga banyak,” ujar Agus. rol

Lihat Juga...