Peran Medsos, Pemilih Pemula Cukup Tinggi di Sukabumi

SUKABUMI — Pelaksanaan pemilihan gubernur Jawa Barat dan wali Kota Sukabumi berjalan lancar. Hal itu ditandai dengan antusiasnya warga dalam mencoblos di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Sukabumi, Rabu (27/6). “Hasil pantauan hari ini alhamdulillah di beberapa TPS lancar,” kata anggota DPR RI dari Komisi VI drh Slamet kepada wartawan, Rabu (27/6).

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela memantau sejumlah TPS di Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Antusias pemilih ujar Slamet sangat tinggi sebab tingkat partisipasi dari pagi hingga siang sudah 70 persen sampai 80 persen di sejumlah TPS. Bahkan dari pantauannya partisipasi pemilih pemula di setiap TPS cukup tinggi. “Pemilih pemula tinggi dari persentase sebab pengaruh media sosial,” imbuhnya.

Ia menjelaskan medsos berperan dalam memberikan edukasi kepada pemilih pemula untuk terlibat pilkada. “Terkait warga yang tidak punya surat panggilan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) memberikan kemudahan serta tidak dipersulit untuk mencoblos. Pasalnya mereka bisa memberikan suaranya dengan menunjukkan KTP elektronik karena mengacu kepada ketentuan yang ada,” jelasnya.

Sehingga, potensi warga yang golput atau tidak memilih di Kota Sukabumi hanya kecil. Harapannya sampai pilkada selesai proses demokrasi berjalan lancar. Ketua KPPS TPS 08 Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang Rianti mengatakan, animo warga untuk mencoblos di wilayahnya tinggi. “Sekiar 10 persen di antaranya pemilih pemula,” tukasnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan