Bupati Sukabumi : TPI Higienis Wujudkan Industrialisasi Perikanan

SUKABUMI KAB — Kabupaten Sukabumi Jawa Barat memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan. Sebab, kabupaten terluas se-jawa dan Bali ini memiliki panjang pantai 117 Km mulai dari Cibareno (berbatasan dengan Kabupaten Lebak Provinsi Banten) sampai dengan Cibuni berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

“Sehingga, apabila potensi nilai perikanan di Palabuhanratu jika dikelola dengan baik maka akan terus meningkat. Apalagi terletak berbatasan dengan samudera hindia yang potensi sumber ikannya sangat melimpah, ” ujar Bupat Sukabumi Marwan Hamami belum lama ini.

Dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Higienis Palabuhanratu, ia berharap dapat mendukung pelaksanaan system jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Palabuhan Perikanan atau Pangkalan Pendaratan Ikan Kabupaten Sukabumim. Maka dari itu pelaku usaha perikanan baik nelayan maupun bakul agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana TPI Higienis yang telah dibangun oleh Pemerintah.

” Untuk mewujudkan Industrialisasi Perikanan Palabuhanratu, maka harus ada peningkatan kapasitas Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu serta pembangunan TPI Higienis Palabuhanratu yang alhamdulillah saat ini telah selasai pembangunannya TPI Higienis Palabuhanratu,” terangnya

Sementara itu Kepala PPNP Alie Abdoel Cholieq dalam menjelaskan, di Palabuhanratu jumlah kapal saat ini kurang lebih 500 kapal. ” Jumlah kapal yang ada di kita cukup lumayan banyak. Namun 80 persen dari jumlah tersebut di dominasi oleh kapal kecil yang merapat kepelabuhan dengan jumlah nelayan sekitar 2500 orang,” terangnya. Sep

Lihat Juga...