Desa Kertaraharja Bangun Dua Titik Jalan Lingkungan

CIKEMBAR — Pemerintah Desa (Pemdes) Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, realisasikan Dana Desa (DD) tahap satu 2018. Kali ini, Pemdes mengalokasikan dana tersebut salah satunya untuk membangun dua titik jalan lingkungan yang masuk menjadi skala prioritas pada pencairan tahap satu.

Dua titik jalan lingkungan tersebut berada di Kampung Cibodas RT 01/04 dan RT 03/04. Proses pembangunannya pun telah selesai seratus persen. “Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan berjalan lancar sesuai dengan perencanaan tanpa kendala apapun,” kata PJS Kepala Desa Kertaraharja Yunyun Zeniarif Nugraha kepada www.sukabumizone.com ketika disambangi di ruang kerjanya Selasa, (03/06).

Menurutnya, untuk pembangunan jalan lingkungan di RT 01/04 dengan panjang 150 meter dan lebar dua meter telah menyerap anggaran mencapai Rp 37 juta dan di RT 03/04 sepanjang 140 meter dan lebar 90 centi meter menghabisakan anggaran sebesar kurang lebih Rp. 17 juta. “Seluruhnya menggunakan rabat beton. Dengan sistem rabat beton ini diharapkan tidak cepat rusak,” tuturnya.

Lanjut dia, sesuai dengan hasil musyawarah dari tingkat kedusunan sampai tingkat desa. Maka, pembangunan jalan tersebut menjadi target utama pada pencairan DD tahap satu 2018. “Kami berharap dengan dibangunnya jalan ini akan mendongkrak faktor ekonomi warga juga sebagai akses bagi masyarakat agar mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Selain itu, jalan ini juga merupakan jalan lingkungan sebagai penghubung antara Desa Kertaraharja dan Bojongraharja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengelola Kegitan (TPK) Desa Kertaraharja Dede Sumarna menjelaskan, pembangunan untuk fisik hanya dua titik jalan lingkungan sebab pencairan DD tahap satu sesuai dengan ketentuan pemerintah yang di atas baru 20 persen. “Mudah-mudahan pada pencairan DD tahap dua nanti yakni sebesar 40 persen dapat kami alokasikan untuk membanguan 14 titik jalan lingkungan dan satu MCK,” pungkasnya. Heri

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan