Sekda Sukabumi Buka Sosialisasi Pengupahan

SUKABUMI KAB — Sekretaris Daerah H.Iyos Somantri membuka Sosialisasi pengupahan, perijinan dengan sertifikasi dan program BPJS ketenagakerjaan atau kesehatan tahun 2018 di Hotel Agusta Cikukulu, Kamis (12/07).

Adapun tujuan dari sosialisasi ini tersebut adalah untuk membangun kepercayaan dan komunikasi di antara pengusaha dan stekholder terkait dalam hal pengupahan dan program BPJS.

Iyos menyampaikan, bahwa pembangunan ketenagakerjaan mempunyai banyak dimensi dan keterkaitan dengan hal lain, tidak hanya dengan kepentingan tenaga kerja selama, sebelum dan sesudah masa kerja. Namun, keterkaitan dengan kepentingan pengusaha, pemerintah dan masyarakat.

“Untuk itu diperlukan pengaturan yang menyeluruh dan komprehensif, antara lain mencakup pengembangan sumberdaya manusia, peningkatan produktifitas daya saing usaha dan peningkatan kesejahteraan pekerja melalui kebijakan pengupahan,” kata Iyos kepada www.sukabumizone.com.

Lebih lanjut dikatakan Iyos, para pengusaha harus lebih memahami meskipun ada PP No 78 tahun 2015 tentang pengupahan, bukan berarti upah (UMK) dapat ditentukan sepihak oleh pemerintah atau pengusaha, akan tetapi masih perlu pembahasan dan kesepakatan dalam Dewan Pengupahan secara Tripartit (Unsur Pemerintah, Pengusaha, Serikat Pekerja dan Unsur Ahli dari Akademisi).

Selanjutnya, ia berharap agar para pengusaha dapat mematuhi, melaksanakan serta mendaftarkan seluruh karyawan atau pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan. “Untuk itu, pihak BPJS berserta Pihak Pelayanan Kesehatan (Klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit) juga wajib untuk membenahi dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi terhadap pasien dan keluarga peserta program BPJS ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan,”ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi , Dandim 0607, Kepala Perangkat Daerah, narasumber dan tamu undangan lainnya. Sep

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan