Dua Titik Jalan Lingkungan Dibangun Pemdes Bojongraharja

“Gunakan Rabat Beton dengan Anggaran DD Tahap Dua 2018”
CIKEMBAR — Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kini tengah membangun dua titik jalan lingkungan dengan rabat beton. Pembangunan berada di kedusunan Cioray sepanjang 320 meter kali lebar 3 meter dan tebal 12 centimeter dengan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 165 Juta yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap dua 2018.

“Selain itu, pembangunan juga dilakukan di Kedusunan Sadamukti Jayamik dengan panjang 98 meter kali lebar 4 meter serta tinggi 12 centimeter menghabiskan anggaran sekitar Rp. 56 Juta dari DD tahap dua 2018. Jadi untuk tahap dua ini anggaran DD yang terserap untuk pembangunan fisik kurang lebih Rp. 200 juta,” kata Kepala Desa Bojongraharja Sudarmat diwakili Sekretaris Desa Taufik Hidayat dan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Denden Abdul Muis kepada www.sukabumizone.com Selasa, (31/07).

Menurut Denden, pebangunan di Kedusunan Sadamukti menggunakan Jayamik sehingga, diharapkan kualitas lebih baik dan pembangunan lebih cepat. “Sebab, berbeda dengan di Kedusunan Cioray yang hanya dilintasi kedaraan bermuatan standar, di Kedusunan Sedamukti ini jalan akan banyak dilalui kendaraan bermuatan lebih besar dari pengusaha batu alam yang beratnya mencapai 14 ton,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Bojongraharja Taufik menambahkan, pembangunan dilakukan bersama-sama dengan masyarakat. “Tugas kami adalah memantau jalannya pembangunan di desa, termasuk pembangunan jalan ini. Sejauh ini semua berjalan dengan baik, begitupun administrasinya di desa,” kata Taufik.

Lanjut Taufik, pemerintah desa transparan dalam setiap pembangunan di desa. Masyarakat harus ikut tahu apa yang sedang dibangun dan kerjakan. “Ya, termasuk pembangunan jalan lingkungan rabat beton ini,” cetusnya.

Ia berharap, pembangunan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan dapat secepatnya dipergunakan oleh masyarakat.” Dengan dibangunnya akses jalan ini dapat menunjang perekonomian warga, memudahkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Namun, tak lupa kami sampaikan agar masyarakat terus berpartisipasi terhadap program yang digulirkan pemerintah desa dan ikut memelihara hasil pembangunan yang telah dilakukan,”harapnya. Restu

 

Lihat Juga...