Desa Cimanggu Gelar Musyawarah Desa Susun RKP 2020

CIKEMBAR — Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar musyawarah Desa (Musdes) di Aula Desa Cimanggu, Rabu, (01/08/2018). Kegiatan tersebut, bertujuan untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun 2020. Selain Unsur BPD dan pemerintah desa (Pemdes) Cimanggu hadir para ketua lembaga desa serta unsur masyarakat yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lainnya.

Pejabat Sementara Kepala Desa Cimanggu, Harris Pribadi diwakili Sekretaris Desa Cimanggu Herwan Kurniawan mengatakan,  kegiatan Musdes untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2020 sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Ia mengajak semua peserta untuk mengikuti Musdes dengan sebaik-baiknya dengan tujuan pembangunan Desa Cimanggu tepat sasaran dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Usulan jangan didasarkan atas keinginan tapi harus berdasarkan kebutuhan.

“Usulan dari peserta Musdes merupakan dasar untuk dijadikan acuan Penyusunan RKP Desa Cimanggu Tahun 2020. Hal ini sangat penting karena kebutuhan masing-masing dusun tidak sama, nantinya usulan peserta Musdes akan di verifikasi oleh tim verifikasi yang memikiki kompeten dan keahlian sesuai jenis kegiatannya,” kata Herwan kepada www.sukabumizone.com Rabu, (01/07).

Menurutnya tujuan bermusyawarah merencanakan pembangunan tahun 2020 yang didasarkan pada masukan-masukan warga. Setelah sebelumnya berkordinasi dengan BPD.

Menurutnya keberhasilan suatu program diawali dengan perencanaan yang baik. Pembangunan fisik atau non fisik dimulai dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Dan pembangunan itu berawal dari saat ini,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...