Penyelundupan Paket Ganja Digagalkan Petugas Lapas Kelas II B Sukabumi

SUKABUMI–Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sukabumi, berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba ke dalam lapas, belum lama ini. Hal tersebut terungkap ketika para warga binaan yang selesai menjalani sidang di pengadilan kembali ke lapas serta dilakukan pemeriksaan.

Hasilnya ditemukan tiga paket kecil ganja yang berasal dari dua orang warga binaan yang baru selesai menjalani persidangan. “Awalnya ada sembilan orang tahanan yang mengikuti sidang di PN Sukabumi,’’ kata Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas IIB Hendra Novreli kepada wartawan, belum lama ini.

Setelah menjalani sidang mereka pulang kembali ke Lapas Sukabumi. Sesuai standar operasional prosedur (SOP) selepas menjalani sidang para warga binaan akan diperiksa petugas.

Pemeriksaan ungkap Hendra, dilakukan terhadap semua barang yang dibawa warga binaan termasuk badan mereka. Hasilnya pada Kamis sore sekitar pukul 15.55 WIB petugas melakukan penggeledahan terhadap sembilan tahanan yang masuk ke lapas setelah sidang di pengadilan.

“Kami menemukan barang bukti ganja sebanyak tiga paket terbungkus rapi dengan lakban,’’ ungkap Hendra. Paket ganja itu ditemukan dari dua orang warga binaan yakni He dan Di yang merupakan tahanan kasus narkoba. Narkoba itu disimpan keduanya di dalam bagian tubuh anus.

Selanjutnya kata Hendra, petugas melakukan pemeriksaan ke tahanan lainnya. Di mana upaya penyelundupan ini dilakukan oleh lima orang. Selain He serta Di ada tiga warga binaan lainnya yang berperan dalam penyelundupan diantaranya Fa tahanan kasus geng motor, Ri alias bule yang diduga berperan sebagai pengendali penyelundupan narkoba, serta AD.

Selain itu turut diamankan juga satu unit handphone dari salah seorang warga binaan. Diduga alat komunikasi itu menjadi penghubung antara warga binaan yang menjadi pengendali dalam lapas dengan orang luar.

“Kini, kasus penyelundupan narkoba ini telah diserahkan penanganannya ke Satnarkoba Polres Sukabumi Kota,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan