Bupati Buka Lokakarya KKNT ke-II IPB Bogor

SUKABUMI KAB — Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka Lokakarya ke II KKNT Institut Pertanian Bogor (IPB) di Pendopo Sukabumi, belum lama ini.

Marwan Mengatakan, pembangunan merupakan upaya untuk memperluas pilihan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembangunan sendiri bukan semata-mata hanya menjadi kewajiban pemerintah. Namun, dalam hal ini semua pihak harus berperan serta dalam mensukseskan setiap proses pembangunan di masyarakat.

“Berkaitan dengan hal tersebut, selain sektor swasta, peran perguruan tinggi dengan segenap Civitas Akademika di dalamnya dapat memberikan kontribusi, baik berupa hasil penelitian yang dapat diimplementasikan di masyarakat maupun kegiatan lain yang langsung tertuju ke masyarakat seperti kegiatan KKN-Tematik ini,” kata Marwan belum lama ini.

Lebih lanjut ia berharap, setelah dilaksanakannya KKN- Tematik ini, para mahasiswa mahasiswa IPB mendapatkan pengalaman tentang bagaimana menganalisa suatu masalah dan memberikan alternatif solusinya yang dapat disinergikan dengan program pemerintah. “Sehingga akan tercapai akselerasi dan efektivitas program pembangunan yang ditandai semakin baiknya kualitas kehidupan masyarakat dan semakin meningkatnya partisipasi dan keberdayaan masyarakat dalam pembangunan, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,” tuturnya.

Ia percaya kegiatan KKN Tematik IPB yang telah dilaksanakan di 14 kecamatan dan di 37 desa di wilayah Kabupaten Sukabumi akan menghasilkan sesuatu yang nyata bagi masyarakat dan memberikan feedback yang baik kepada Pemerintah Daerah untuk merencanakan, mengelola dan mengembangkan potensi yang selama ini mungkin belum tergarap sempurna.

Sementara Perwakilan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso menyampaikan Apresiasinya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi karena selama satu bulan 162 mahasiswa telah belajar dengan guru sejatinya yaitu masyarakat. “Sehingga kedepannya mahasiswa kami bisa menjadi insan yang luar biasa dan bertakwa yang tidak hanya pintar secara intelektual akan tetapi juga agamanya kuat,” tandasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kepala Dinas Kelautan dan Perukanab, perwakilan Perangkat Daerah, Perwakilan Rektor IPB Bogor, Camat dan Kepala Desa lokasi KKN Tematik, Dosen Pembimbing serta undangan lainnya. red

Lihat Juga...