Narkoba dan Senjata Tajam Dimusnahkan Kejari Sukabumi

SUKABUMI — Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukabumi, Jawa Barat, musnahkan barang bukti narkoba serta obat-obatan terlarang dan senjata tajam. Barang bukti itu berasal dari puluhan perkara kasus peredaran narkoba serta obat-obatan terlarang dan senjata tajam pada Januari-Juli 2018.

Pemusnahan barang bukti perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap itu dilakukan di halaman kantor Kejari Sukabumi di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Sukabumi belum lama ini. Dalam pemusnahan barang bukti itu hadir perwakilan Pemkot Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Pengadilan Negeri Sukabumi, Pengadilan Agama Sukabumi, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta instansi terkait lainnya.

“Kegiatan itu sebagai tindak lanjut dari tugas jaksa sebagai eksekutor putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,’’ kata Kepala Kejari Sukabumi Ganora Zarina, kepada wartawan. Dalam rentang Januari-Juli 2018 ini terdapat 53 perkara yang telah tuntas proses hukumnya.

Menurutnya, pemusnahan barang bukti itu dilakukan setiap enam bulan sekali dalam setahun. Rinciannya narkoba jenis ganja 11 perkara dengan berat 2.318,880 gram. “Selanjutnya narkoba jenis sabu 15 perkara seberat 4,2437 gram,” ungkapnya.

Sementara obat-obatan terlarang yang melanggar undang-undang kesehatan sebanyak sembilan perkara sebanyak 6.327 butir. “Ribuan butir obat ini dimusnahkan dengan cara diblender. Terakhir kata Ganora, senjata tajam yang dimusnahkan sebanyak 18 perkara dengan jumlah senjata tajam sebanyak 34 buah,”tandasnya.

Asisten Daerah Bidang Admininistrasi Pemkot Sukabumi Kostaman mengatakan, pemkot menyambut positif adanya pemusnahan barang bukti narkoba serta senjata tajam. Pemusnahan ini diharapkan menjadikan momen untuk memberantas peredaran narkoba di Sukabumi. “Sehingga diharapkan peredaran narkoba di Sukabumi bisa dicegah dan dihentikan,” singkatnya. rol

Lihat Juga...