Bupati Sukabumi Jadikan Idul Adha sebagai wahana peningkatan kesadaran

SUKABUMI KAB — Idul Adha adalah salah satu hari raya yang di dalamnya menyimpan peristiwa monumental dalam kehidupan dimuka bumi, peristiwa tersebut selanjutnya diabadikan dalam sebuah ritual ibadah yang sangat identik dengan ibadah qurban dan haji, ibadah ini mengandung nilai keteguhan dan keimanan dan menjadi bukti pengorbanan yang di dasari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa semua umat Islam di seluruh penjuru dunia menyambut datangnya Idul Adha pada hari ini dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan khususnya di Kabupaten Sukabumi dengan penuh khidmat menta’zimkan syiar agama Islam. Kemudian dilanjutkan dengan menyembelih qurban sebagai manifestasi ketaatan terhadap perintah-Nya dan meneladani Rasulnya serta memperingati peristiwa pengorbanan khalilullah Nabi Ibrahim dan Ismail Alaihissalam,” demikian disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di Lapang Gumbira Desa Nagrak Selatan Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/08).

Selanjutnya ia mengajak, momentum Idul Adha di optimalkan sebagai wahana renungan pencerahan serta peningkatan kesadaran dan keikhlasan dalam mengabdikan diri kepada agama masyarakat bangsa dan negara.

“Ibadah qurban diharapkan mampu menghilangkan sifat hayawaniyah yang ada pada diri manusia seperti sifat yang serakah dan egois yang selanjutnya diganti dengan sifat ananiyah yaitu sifat kasih sayang rela berkorban dan peduli terhadap hak dan kepentingan orang lain,” tambahnya.

Ia berharap, catatan kesadaran keikhlasan dan kepedulian tersebut dapat dibudayakan sebagai perilaku kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kita yakin Insya Allah berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Sukabumi dapat diatasi bersama” harapnya.

Selain itu menurutnya, semua masyarakat secara arif menyikapi berbagai dinamika kehidupan seperti musibah kebakaran,gempa bumi dan kemarau yang dampaknya dirasakan saat ini. Dan juga, meminta menyikapi dinamika politik yang terjadi dalam kehidupan negara Indonesia.

“Dibutuhkan sikap serta kearifan seluruh komponen masyarakat diantaranya, memanjatkan doa agar kita semua senantiasa dalam rahmat dan ridho Allah SWT,” ajaknya.

Bukan hanya itu ia pun mengajak, dalam momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 ini untuk mendoakan para syuhada pahlawan bangsa yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Usai Sholat Idul Adha ia menyerahkan hewan Qurban serta meletakan batu pertama Rehab pengembangan dan pembangunan menara mesjid besar AT – TAQWA Nagrak.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono, Sekretaris Daerah Iyos Somantri, Para Kepala Perangkat Daerah, Ketua MUI Kabupaen Sukabumi, Camat dan Muspika Kecamatan Nagrak serta masyarakat setempat. Sep

Lihat Juga...