Puluhan Warga Desa Cibatu Dilatih Budidaya Jamur Tiram

CIKEMBAR — Pemerintah Desa (Pemdes) Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, gelar pelatihan pertanian budidaya jamur tiram. Kegiatan itu, dilakukan pemdes sebagai realisasi program bidang pemberdayaan masyarakat dengan sumber anggaran dari Dana Desa (DD) tahap dua 2018. Kegiatan tersebut turut dihadiri tokoh masyarakat seperti Ketua BPD, Kasi Pemberdayaan, Pendamping Desa, dan puluhan warga yang menjadi peserta pelatihan budidaya.

Kepala Desa Cibatu Damu mengatakan, tujuan dari pelatihan pertanian budidaya jamur tiram itu adalah mengurangi angka pengangguran. Minimal pemuda yang berada diwilayahnya mempunyai ilmu dibidang budidaya jamur tiram.

Kepala Desa Cibatu Damu

“Harapan saya dengan adanya pelatihan ini Desa Cibatu bisa menjadi sentra atau ikon dibidang budidaya jamur tiram. Selain produk-produk pertanian yang lain yakni padi dan tanaman lainnya,” kata Damu kepada sukabumizone.com Kamis, (13/09/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, mengenai pemasaran pihaknya akan bekerjasama dengan pihak Oiska yang saat ini berperan sebagai pemandu dari pelatihan jamur tiram. “Untuk pemasarana nantinya kami akan tetap berhubungan dengan Oiska. Pihak Oiska ini memproduksi dan juga bisa memasarkan hasil dari budidaya masyarakat. Dan tentu ini akan dikomunikasikan kembali dengan pihak Oiska,” ujarnya.

Faktor pemasaran itu sangat berpengaruh pada majunya budidaya jamur tiram tutur Damu. Jangan sampai para pembudidaya mengeluh karena masalah pemasaran. ” Hasil dari praktek,teknis dan teori yang telah disampaikan saat ini tentu akan dipraktekan di lapangan,” cetusnya.

Menurutnya, peserta saat ini akan di bagi menjadi lima kelompok sebab masih binaan. “Nantinya kelompok tersebut bisa menjual hasil budidayanya sama-sama,” papar Damu.

Ia melanjutkan, hasil dari pelatihan tersebut akan di tindaklanjuti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dimana, Bumdes akan menampung hasil budidaya dan membantu bidang pemasaran.

“Pelatihan dilakukan bukan saat ini saja melainkan akan terus kami lakukan sampai berhasil. Para pesertanyapun mayoritas warga yang masih berusia muda agar mempunyai ilmu dan wawasan secara singkat tentang budidaya Jamur tiram.
Mudah-mudahan hasil dari pelatihan ini bisa mewujudkan Desa Cibatu sebagai sentra jamur tiram,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta yang merupakan warga Kampung Delepeng Rt 01/05 Anggi (25) mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, bukan hanya menambah wawasan bagi pemuda khususnya warga Desa Cibatu. Akan tetapi, akan menjadi motivasi.

“Dengan diadakanya pelatihan ini saya selaku warga merasa terbantu dan saya harap anggaran untuk budidaya jamur tiram ini akan segera direalisasi agar kami secepatnya bisa produksi,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan