Pemdes Cikembar Gotongroyong Bersihkan Tumpukan Sampah di Sungai

CIKEMBAR — Sebelum memasuki musim penghujan, Pemerintah Desa (Pemdes) Cikembar, Kecamatan Cikembar, lakukan bersih-bersih tumpukan sampah disekitaran Sungai Cikembar Sabtu, (22/09). Hal itu, dilakukan untuk menghindari terjadinya luapan air sungai hingga mengakibatkan banjir. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak diantaranya, relawan, anggota Babinkamtibmas, Babinsa, ketua RT/Rw, karang taruna, serta puluhan warga dari satu kedusunan dari tiga RW yaitu Rw 04,05 dan 06.

Kepala Desa Cikembar Andi Haryani mengatakan, banyaknya tumpukan sampah di Sungai Cikembar disebabkan warga luar yang secara sengaja membuang sampah ke sungai tersebut.

“Sebelumnya kami telah berusaha memasang tanda larangan keras tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Namun, larangan tersebut hanya dipatuhi warga setempat saja tapi tidak untuk warga luar yang sering terlihat membuang sampah dari mobil kesungai ini,” kata Andi kepada wartawan www.sukabumizone.com Sabtu, (22/09).

Lebih lanjut Andi berharap, untuk kegiatan yang bertemakan bulan bakti gotongroyong itu, ke depannya Pemdes Cikembar akan bekerjasama dengan ketua Rt/Rw, untuk memberikan imbauan kepada warga untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Bahkan, pihaknya tidak segan untuk memberikan sanksi berupa teguran jika masih ada warga yang tidak mentaatinya. ” Kami berharap semua sungai yang ada di Desa Cikembar bersih dari sampah dan untuk semua warga diharapkan agar sadar akan lingkungan,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...