Profil dan Potensi Desa Bantarpanjang

 

Pelangtikan Kepala Desa Bantarpanjang Encun Suparmin

 

SAMBUTAN KEPALA DESA BANTARPANJANG 

Dengan mengucapkan segala puji dan syukur atas khadirat, berkah hidayah dan karunia nikmat Allah SWT. Semua komponen yang ada di desa Bantarpanjang dapat bekerjasama dan menjalankan amanah sesuai tupoksinya dalam menyusun Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Bantarpanjang untuk Tahun Anggaran 2019.

Tentunya RKP Desa tahun 2019 ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Bantarpanjang tahun 2012 – 2018 yang telah direvisi tahun 2013 – 2018 sesuai dengan masa jabatan Kepala Desa, disepakati dan disyahkan bersama.

Pemerintah Desa dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dalam upaya peningkatan kesejahteraan warga masyarakat di berbagai bidang baik pembangunan fisik maupun non fisik.

Tekad kami adalah mempertahankan segala program yang telah berjalan dan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta akan memperbaiki segala program kerja yang dianggap kurang berhasil dan kurang berjalan dengan baik.

Dan satu hal yang akan selalu diterapkan adalah pola pembangunan yang mengedepankan fungsi keadilan, berkesinambungan serta berkeseimbangan dalam segala bidang. Oleh karena itu dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Bantarpanjang tahun 2019 ini berbagai aspek menjadi bahan pertimbangan, terutama dengan melihat keanekaragaman lapisan masyarakat serta berbagai latar belakang sosial ekonomi masyarakat yang berada di Desa Bantarpanjang.

Besar harapan kami, bahwa Rencana Kegiatan Pemerintah (RKP) Desa Bantarpanjang ini akan terealisasi dengan baik jika semua pihak yang berkompeten serta seluruh masyarakat mendukung serta memberikan kontribusinya demi tercapainya Visi Desa Bantarpanjang BERSERI yang berarti mewujudkan Desa Bantarpanjang Berprestasi, bersih, sehat, Religius & Inofatif.

 

Legenda Desa

Desa      Bantarpanjang        merupakan    salah satu   Desa     dikecamatan Jampangtengah yang konon dahulu adalah daerah tempat  terlahirnya tokoh yang mempunyai kemempuan beladiri yang baik  dan pemuka  agama  yang disegani. Bahwa paru paru alam untuk wilayah kecamatan Jampangtengah dan sekitar Hal ini membuktikan   hamparan  yang   sangat  luas berupakan pegunungan dan perbukitan yang hijau dan  rindang bila  dibandingkan  dengan  desa lain wilayah desa   Bantarpanjang  merupakan  desa  dengan  luas wilayah paling kecil tetapi sebagian besar wilayahnya merupakan area Perhutani dan ladang

Desa  Bantarpanjang  juga  merupakan  sejarah  tempat   tokoh  perjuangan kemerdekaan  hadir  hal  ini  dibuktikan  dengan  banyaknya para Veteran di Desa Bantarpanjang.

Para Pejabat / Peminpin sebagai Kepala Desa

Desa Bantarpanjang  merupakan  Desa Induk  yang  kemudian    dimekarkan menjadi Desa Bantaragung (pada tahun 1982) yang  pada waktu   itu dijabat oleh Bapak (alm) Maman (periode 1974 – 1982).

Pada    tahun  1982  dilaksanakan  pemilihan  Kepala  Desa,  terpilih   secara Demokratis  Bpk. Agus Suryadi (alm)   dengan  periode  jabatan  tahun 1982 sampai dengan tahun 1990. Setelah  habis  masa  jabatannya  maka  pada  tahun  1990  sampai  dengan tahaun 1995 dijabat oleh Bpk Oneng (alm).

Yang   kemudian  dilanjutkan  jabatannya  oleh  Bpk.Ohim  dari   tahun 1996 sampai dengan tahun 1998. Kemudian   dilaksanakan   pemilihan  Kepal Desa,  terpilih  kembali Bpk.Agus Suryadi (alm) untuk periode 1999 sampai dengan 2006.

Setelah  habis  jabatannya  selanjutnya  kepeminpinan  Desa  Bantarpanjang  dijabat oleh Sdr.Sugianto melalui pemilihan pada tahun 2007 sampai dengan 2011 dan berhenti karena sesuatu dan lain hal. Dan Periode tahun 2011 sampai 2012 dijabat oleh Saudara Sukmadi Mulya sampai terjadi pemilihan pada tahun 2012.

Dan   pada    Tahun  2012  dilaksanakan   pemilihan    kembali,     terpilihlah Sdr. Drs H Andy Subaidi.SH  dengan  periode  2012  sampai  dengan 2018 .

Demikian sejarah kepemimpinan Desa Bantarpanjang sampai hari ini masih berjalan.

2.1. KONDISI UMUM DESA

Kondisi Umum Desa Bantarpanjang yang dituangkan dalam Dokumen ini merupakan hasil penyelarasan dari data desa dengan sumber dari data skunder antara lain Potensi Desa, Profil Desa, Catatan Kependudukan, Data dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) dan Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017.

Kondisi umum Desa ini bersifat dinamis, terutama dalam hal kependudukan sehingga perlu dilakukan koreksi, up date secara periodik dan hal ini perlu dilakukan setiap tahun bersamaan dengan penyusunan Rencana Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) ataupun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahunan dengan pola partisipatif pada kegiatan Pengkajian Keadaan Desa.

2.1.1. Aspek  Geografi

Geografis terletak di 6057º – 7025 LS dan  terletak di 106049º – 10700 BT. Topografi termasuk dalam kategori Daerah dataran rendah dengan ketinggian ±150 meter dari permukaan laut (DPL).

Batas-batas Wilayah :

Sebelah Selatan  : Desa Bantarsari & Desa Sirnasari Kec. Pabuaran.

Sebelah Timur    : Desa Nangerang Kecamatan Jampangtengah

Sebelah Utara     : Desa Bojongjengkol Kecamatan Jampangtengah

Sebelah Barat     : Desa Bantaragung Kecamatan Jampangtengah dan

Desa Neglasari Kecamatan Lengkong

2.1.2. Wilayah Desa

Luas Wilayah adalah 2.091 Ha  yang  terdiri dari :

Sawah ½ Teknis                  :      42.300  Ha.

Sawah Tadah Hujan             :      74.200  Ha

Pemukiman                                :    124,6      Ha

Perhutani                           :  1.256,750  Ha

Hutan Rakyat                      :       –          Ha

Perkebunan                                :        60       Ha.

 

Secara Administrasi Pemerintahan, Wilayah Desa Bantarpanjang terbagi ke dalam 5 Dusun, 5 RW dan 24 RT.

Nama Dusun, dan cakupan jumlah RW dan RT :

No Nama Dusun Jumlah RW Jumlah RT
1 Pulo 1 4
2 Bantarpanjang 1 5
3 Pamoyanan 1 6
4 Ciomas 1 5
5 Mariuk 1 4
J u m l a h 5 24

 

Peta Wilayah Desa Bantarpanjang

 

2.2. PENYELARASAN DATA DESA

2.2.1. Sumber Daya Manusia

Penduduk Desa Bantarpanjang mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun,  dari Tahun 2017 mengalami pertumbuhan sebesar 3.8% sampai dengan tahun 2018 menjadi 3.498 jiwa.

Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah penduduk Desa Bantarpanjang selama 1 tahun terjadi penambahan.

Data Sumberdaya Manusia

No Uraian Sumberdaya Manusia Volume Satuan
1 Jumlah KK 1.249 KK
2 Laki-laki 1.776 Org
3 Perempuan 1.722 Org
4 Jumlah Penduduk 3.498 Org

2.2.2.  Jenis Pekerjaan

Penduduk usia kerja adalah penduduk usia 17 Tahun keatas. Jenis pekerjaan di Desa Bantarpanjang pada tahun 2017 sampai dengan Tahun 2018 mayoritas mata pencahariannya adalah petani. Dengan Komposisi menurut Sumber Penghasilan tahun 2017

No Sumber Penghasilan Jumlah
1 Petani 1.135 org
2 Buruh Bangunan 242 0rg
3 Nelayan – org
4 Pedagang 226 org
5 PNS 8 org
6 TNI/POLRI
7 Pensiunan 11 org
8 Tenaga Medis 3 org
9 Jasa Tranportasi 85 org
10 dll

 

2.2.3. Sumberdaya Alam

Desa Bantarpanjang merupakan salah satu desa yang tiang penyangga ekonominya berada pada sektor pertanian. Melihat kondisi seperti ini, maka jenis tanaman yang cukup produktif untuk dikembangkan adalah padi, jagung dan tanaman holtikultura yang meliputi Kacang tanah, singkong, jagung, Dll.

Adapun Data Sumberdaya Alam adalah sbb     :

No Uraian Sumberdaya Alam Volume Satuan Kode
1 Pasir urug 410 m3 D
2 Batu dan Kerikil 297 m3 K
3 Batu Gamping m3 D
4 Lahan Persawahan 220 Ha D/K
5 Sungai 3 bh D/K
6 Air Terjun bh D

 

Sumber data sekunder: Potensi Desa, Profil Desa, Monografi Desa, Data kependudukan catatan sipil, data pendidikan dll yang relevan

Keterangan : D = SDA dalam Desa; K = SDA terkait kawasan perdesaan/wilayah antar desa

2.2.3. Sumberdaya Pembangunan

Sumberdaya pembangunan yang ada di Desa Bantarpanjang terdiri dari Prasarana Umum, Prasarana Pendidikan, Prasarana Kesehatan, Prasarana Ekonomi, Kelompok Usaha Produktif dan Kelompok Simpan Pinjam. Adapun jumlah persediaan dan volume terkait adalah sebagaiberikut :

Data Sumberdaya Pembangunan

No Uraian Sumber Daya Pembangunan Volume Satuan
1 Aset Prasarana Transportasi        29,5 Km
2 Aset Prasarana Pendidikan 8 Unit
3 Aset Prasarana Kesehatan 7 Unit
4 Aset Prasarana Ekonomi 1 Unit
5 Kelompok Usaha Produktif 2 Klmpk
6 Kelompok Simpan Pinjam 4 Klmpk

 

2.2.4. Sumberdaya Sosial Budaya 

  1. Angka Partisipasi Sekolah

Peningkatan kualitas di bidang pendidikan sebagai salah satu indikator pertama IPM.  Berdasarkan data tingkat pendidikan di Desa Bantarpanjang tahun 2017-2018, terbanyak pada tamatan SD atau sederajat kemudian secara   berurutan tidak  atau belum pernah sekolah serta tidak atau belum tamat SD, SLTP atau sederajat, tamatan SLTA atau sederajat, dan terakhir Akademi/ Diploma, S1.

  1. Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM)
  • APK (Angka Partisipasi Kasar) SD merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia 7-12 tahun di jenjang SD atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia sekolah.
  • APM (Angka Partisipasi Murni) SD merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia 7-12 tahun di jenjang SD atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia 7-12 Tahun.
  • APK (Angka Partisipasi Kasar) SLTP merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia 13-15 tahun di jenjang SLTP atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia sekolah.
  • APM (Angka Partisipasi Murni) SLTP merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia  13-15 Tahun di jenjang  SLTP atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia 13-15 t APM SLTP mengalami peningkatan. Gejala ini menunjukkan bahwa pelajar lulusan SD banyak yang melanjutkan ke tingkat SLTP.
  • APK (Angka Partisipasi Kasar) SMA merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia 16-18 tahun di jenjang SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia sekolah.
  • APM (Angka Partisipasi Murni) SMA merupakan angka hasil pembagian antara jumlah siswa usia 16-18 tahun di jenjang SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat dengan jumlah penduduk kelompok usia 16-18 t APM SMA juga mengalami peningkatan. Gejala ini menunjukkan bahwa pelajar lulusan SLTP banyak yang melanjutkan ke tingkat SMA/MA/SMK/Paket C.
  • Angka Kelangsungan Hidup Bayi

Indikator pelayanan kesehatan dapat dilihat dari aspek  angka kematian bayi lahir, pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2018 angka kelangsungan hidup bayi di Desa Bantarpanjang sebagaimana dapat dilihat pada tabel berikut :

Angka Kematian Ibu melahirkan, Angka  Kematian Bayi Lahir

Desa BantarpanjangTahun 2013-2018

No Indikator Capaian Kinerja Indikatif
2014 2015 2016 2017 2018
1 AKB
2 AKI
3 AKBAL
4 BBLR
5 KH 22 18

Sumber Data : Profil Desa Bantarpanjang Tahun 2013-2018

Keterangan :

AKB              : Angka Kematian Bayi

AKI              : Angka Kematian Ibu (ibu hamil, ibu melahirkan)

AKBAL           : Angka Kematian Balita

BBLR            : Berat Bayi Lahir Rendah

KH               : Kelahiran Hidup (jumlah bayi lahir yang hidup)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan