Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi Pindah 2021

SUKABUMI — Pusat pemerintahan Kota Sukabumi direncanakan akan pindah ke Kecamatan Cibeureum mulai 2021 mendatang. Kini pusat pemerintahan yakni Balai Kota Sukabumi masih berlokasi di pusat kota yakni Kecamatan Cikole.

‘’Pada 2021 nanti targetnya pusat pemerintahan telah pindah ke Cibeureum,’’ kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela-sela pembahasan revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) belum lama ini.

Nantinya pada 2020 masih dilakukan persiapan akhir sebelum dilakukan pemindahan. “Rencana pemindahan pusat pemerintahan ini salah satu yang masuk dalam program pemerintah. Harapannya pemindahan ini bisa mendapatkan dukungan,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Rudi Juansyah menambahkan, pusat pemerintahan akan dipindahkan serta mau tidak mau akan dilakukan mulai tahun depan. “Pada 2019 baru akan dibuat masterplannya,’’ tuturnya.

Selanjutnya kata Rudi, akan dibangun gedung DPRD Kota Sukabumi serta sekretariat. “Pembangunan ini untuk menunjukkan kepada pemerintah pusat bahwa Sukabumi serius untuk memindahkan pusat pemerintahannya ke Cibeureum,” imbuhnya.

Rudi menuturkan, nantinya di Cibeureum juga akan dibangun beberapa kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dana untuk pembangunan sarana baru itu diperkirakan mencapai Rp 360 miliar.

“Lahan yang digunakan untuk pembangunan mencapai seluas 15 hektare. Namun yang baru tersedia sekitar tujuh hektare,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan