Akhirnya Dua Warga Sukabumi Korban Tsunami Palu di Temukan Selamat 

SUKABUMI — Sempat dinyatakan hilang, dua warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang sedang mengikuti pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Palu, Sulawesi Tengah akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Dua warga Kabupaten Sukabumi itu yakni Nurmansyah (32) warga Kecamatan Warungkiara serta Qurun (enam) warga Kecamatan Nagrak. Qurun dibawa ke Palu oleh ayahnya Rudhian Aripin, pemilik perusahaan tempe yang ambil bagian dalam pameran itu.

“Ada enam warga Kabupaten Sukabumi yang merupakan utusan dari Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang mengkuti pameran itu. Mereka diberangkatkan atas undangan Wali Kota Palu,” kata Ketua FKDB Sukabumi, Ayep Zaki di Sukabumi, Sabtu (29/9).

Informasi yang dihimpun, lokasi stan pameran itu tidak jauh dari pantai. Seketika saat tsunami setinggi tiga meter melanda daerah tersebut Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas. Ayah Qurun saat kejadian berada di rumah.

Kondisi pun semakin panik sebab kedua korban itu hilang pascatsunami, ditambah jaringan komunikasi seperti sinyal ponsel tidak berfungsi. Ayep telah mencoba beberapa kali menghubungi anggotanya yang berada di Palu tapi kesulitan.

Beruntung, dua warga itu ditemukan selamat pada Sabtu (29/9) pukul 08.00 Wita serta sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Saat ini keluarganya masih cemas karena mereka belum dapat dipulangkan. Bandara belum bisa beroperasi karena banyak fasilitas yang rusak akibat gempa berbekuatan 7,4 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Jumat (28/9).

“Kedatangan anggota ke pameran itu untuk mempromosikan tempe dari Kabupaten Sukabumi. Saat kejadian ada enam orang dalam stan, empat orang selamat serta dua orang, yakni Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas air laut. Namun, alhamdulillah keduanya ditemukan dalam keadaan selamat,” ungkapnya.

Gempa Donggala terjadi pada pukul 17.02 WIB berkekuatan 7,4 SR dari sebelumnya 7,7 skala richter. Pusat gempa tersebut di 0,2 Lintang Selatan dan 119,89 Bujur Timur, serta kedalaman pusat gempa 11 Km yang berjarak 25 Km Timur Laut Donggala, Sulteng. red

Lihat Juga...