SDN Wangunreja Terapkan FDS 

NYALINDUNG — Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berencana menerapkan Full Day School (FDS) atau lima hari sekolah. Pemberlakuan program tersebut, diterapkan sesuai dengan Permendikbud no 75 th 2016.

“Program ini cukup bagus, karena ingin menguatkan pendidikan karakter pada peserta didik. Maka dari itu, kami mensosialisasikannya terlebih dulu kepada orang tua siswa,” kata Kepala SDN Wangunreja, Supandi kepada www.sukabumizone.com, Selasa (2/10).

Lanjut Supandi, dengan diberlakukannya lima hari sekolah ini pelajar hanya belajar di sekolah mulai Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu mereka diliburkan. “Siswa tidak belajar sampai sore, melainkan hanya sampai pukul 14.00 WIB saja,” ucapnya.

Menurutnya, pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di sekolah dan lingkungan sosial. Lantaran, pendidikan memiliki tujuan untuk membantu manusia menjadi cerdas dan tumbuh menjadi insan yang baik. Hal itu, dilakukan guna mempersiapkan generasi emas di massa mendatang.

“Penguatan karakter ini agar generasi muda memiliki keunggulan. Sebab itu, penguatan karakter ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terlebih di sekolah dan di rumah. Hal itu sesuai dengan Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang pendidikan karakter,” paparnya.

Ia berharap, dengan diterapkannya pendidikan karakter tersebut akan mampu mencetak generasi yang handal dan mampu bersaing. Namun, keberhasilan penerapan program tersebut perlu adanya dukungan dari semua elemen khususnya orang tua siswa sehingga bisa mendorong serta mendukung sepenuhnya. “Mudah-mudahan dengan menerapkan program lima hari sekolah ini bisa membentuk karakter pelajar lebih baik lagi sehingga menghasilkan generasi yang berkualitas,” pungkasnya. (Restu)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan