Bupati Sukabumi Gencarkan Bersih-bersih Pantai

SUKABUMI KAB — Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan di Rumah Panggung Batu Alam Citepus Palabuhan Ratu Kamis, (04/10).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami beserta jajaran para Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Marwan mengatakan, belasungkawa terhadap korban bencana alam yang terjadi di Palu dan donggala.

“Mari kita doakan semoga yang meninggal mendapat tempat termulia di sisi Allah SWT, yang sakit, yang cedera segera dipulihkan dan disehatkan, semua korban disana yang rumahnya hancur semoga Allah berikan balasan dan diberikan tempat yang lebih baik dari apa yang mereka miliki hari ini,” ajaknya.

Selanjutnya ia menjelaskan, peringatan Hari lingkungan Hidup tahun 2018 dengan “Tema Kendalikan Sampah Plastik” merupakan perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik.

” Tema ini mengandung arti motivasi kerja sekuat tenaga untuk mengelola sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, khususnya sampah plastik yang tidak ramah lingkungan,” jelasnya.

Ia pun berharap, melalui momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan pelaksanaan Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Tahun 2018, diharapkan dapat menambah semangat untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian dari pada iman.

“Dengan lingkungan yang bersih dari sampah, dapat meningkatkan kenyamanan dalam beribadah, dan perilaku ini agar terus berlanjut hingga menjadi suatu kebiasaan dan budaya untuk ditularkan kepada lingkungan sekitarnya. kita membutuhkan tekad bersama untuk pelembagaan budaya bersih dan bijak dalam mengelola sampah,” tuturnya.

Masih dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi Abdul Qodir menyebutkan, bahwa peserta yang hadir pada kesempatan ini kurang lebih 500 orang yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Perangkat daerah, pelajar serta masyarakat sekecamatan palabuhanratu dan sekitarnya.

“Pada kegiatan ini kami mengajak para TNI, Polri, Pelajar, para perangkat daerah, perusahaan-perusahaan terkait serta masyarakat se-kecamatan palabuhanratu dan sekitranya untuk hadir dan mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Abdul qodir pun berharap dengan diperingatinya hari Lingkungan hidup tahun 2018 ini, bisa memeberikan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya tentang bahayanya pengugunaan plastik untuk lingkungan.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan secara simbolis alat kebersihan kepada dua perwakilan para peserta yang akan digunakan untuk melaksanakan bersih-bersih di lokasi pantai citepus.

Tak hanya menyerahkan secara simbolis saja, tetapi Bupati pun ikut serta mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai yang berbaur dengan para peserta lainnya dan Bupati pun meninjau langsung alat pendaur ulang sampah yang dimiliki oleh Kodim 0622.

Diakhir rangkaian acara berlangsung, dilaksanakan pemberian Dorprize untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan berbagai hadiah yang menarik. Nur

 

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan