Pembangunan Infrastruktur Jadi Skala Prioritas Desa Panumbangan Pada 2020

JAMPANG TENGAH — Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2020 digelar Pemerintah Desa Panumbangan Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, di Aula Desa Panumbangan Kamis, (18/10/2018). Musyawarah yang merupakan langkah awal dari perencanaan pembangunan tersebut dinilai sangat penting dilakukan untuk menentukan skala prioritas pembangunan di Tahun 2020 nanti.

Kepala Desa Panumbangan Lalan Jaelani saat disambangi www.sukabumizone.com di ruang kerjanya mengatakan, Musrenbangdes Tahun 2020 ini merupakan hasil musyawarah dari tingkat RT, Kedusunan sampai dirumuskan di tingkat desa. “Pada musyawarah di tingkat desa ini kami dapat mengetahui harapan dari seluruh warga di wakili tokoh masyarakat, RT, Kepala Dusun dan lainnya,”kata Lalan di sela-sela kegiatan Kamis, (18/10).

Menurut Lalan, yang menjadi skala prioritas pembangunan pada 2020 nanti hasil dari musyawarah yang dilakukan adalah pembangunan Infrastruktur terutama pada sarana transportasi Jalan Lingkungan dan Jalan Desa. “Dimana, pembangunan infrastruktur ini sangat penting untuk menunjang perekonomian, pertanian, kesehatan dan pendidikan di desa kami,”ujarnya.

Lanjutnya, terget pemdes terkait pembangunan infrastruktur sampai 2020 mencapai 60 persen.” Itu terget kami mudah-mudahan dengan dukungan dan partisipasi semua pihak dapat tercapai sesuai harapan,”imbuhnya.

Ditanya mengenai prediksi perubahan hasil Musrenbangdes 2020 pada pertengahan tahun 2019? Ia menjawab, adanya perubahan pembangunan hasil Musrenbangdes 2020 diprediksinya memang ada. “Itu pun apabila pengajuan melalui sektoral dikabulkan. Contohnya baru-baru ini kami mengajukan pembangunan kepada Kemendes, TNI dan lainnya lalu mendapat tanggapan. Maka, adanya perubahan hasil dari musyawarah saat ini mungkin saja terjadi. Ya, solusinya anggaran yang telah ditentukan ini akan dialihkan ke pembangunan yang lain, “paparnya.

Ia berharapa, minimal dalam jangka waktu tiga tahun seluruh pembangunan di Desa Panumbangan mencapai 80 persen. “Kami harap terget ini dapat tercapai berkat dukungan semua pihak. Untuk itu, kami juga berharap pemerintah yang di atas dapat membantu percepatan pembangunan di desa kami ini. Sebab, apabila hanya mengandalkan DD atau ADD prosesnya akan sangat lambat,” harapnya. (Sep)

 

Lihat Juga...