Ribuan Anak Paud di Jampang Tengah Gelar Simulasi Manasik Haji

JAMPANG TENGAH — Pemerintah Kecamatan Jampang Tengah dan Lengkong Kabupaten Sukabumi Jawa Barat beserta Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), menggelar manasik haji dan umrah kepada anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Lapang Desa Panumbangan Kecamatan Jampang Tengah Sabtu, (20/10/2018).

Kegiatan sebagai simulasi ibadah haji itu diselenggarakan dengan tujuan untuk pembinaan akhlak dan penerapan nilai syariah Islam pada anak usia dini, menanamkan sikap religius, mengenalkan rukun Islam ke-lima, yakni menunaikan ibadah haji.

Pantauan www.sukabumizone.com, ada sebanyak 1600 anak dari Kecamatan Jampang Tengah dan Lengkong yang tampak berjubel dan memenuhi lokasi lapangan yang telah disediakan. ”Manasik haji ini diikuti 92 PAUD yang berada di Kecamatan Jampang Tengah dan Lengkong,” kata Camat Jampang Tengah Sabar Suko kepada www.sukabumizone.com Sabtu, (20/10).

Menurut Sabar, setelah anak-anak ini dewasa dan menjadi insan yang berhasil dan makmur tidak hanya bercita-cita ingin keliling dunia. Namun, yang utama ingin berkeliling Ka’bah. “Atau mencari Mardhatillah (Ridha Allah) dengan menjalankan ibadah haji,” ujarnya.

Dimana lanjut Sabar, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam ke-lima yaitu, Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan melaksanakan Ibadah Haji. “Untuk ibadah lain sudah diperkenalkan kepada anak di sekolah masing-masing, baik itu praktek membaca dua kalimat syahadat, shalat, puasa, maupun zakat,” imbuhnya.

Selain itu, pembiasaan Infak dan Sidaqoh. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya menuju Kabupaten Sukabumi yang lebih baik. Sesuain Visi Kabupaten Sukabumi mewujudkan masyarakat kabupaten Sukabumi yang Mandiri dan religius. “Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penggalangan dana kepedulian sosial untuk Palu dan Lombok yang dihimpun oleh Himpaudi,”pungkasnya. (Sep)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan