Satpol PP Kota Sukabumi Siap Tertibkan Alat Peraga Kampanye

SUKABUMI — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi akan menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang marak di jalan protokol Sukabumi Jawa Barat. Tapi langkah itu menunggu adanya kesepakatan tertulis dari partai yang bersedia menurunkan APK secara mandiri atau ditertibkan petugas.

Kali ini di sejumlah jalan protokol Kota Sukabumi dipenuhi APK para calon anggota legislatif (Caleg) baik DPRD Kota/Provinsi maupun DPR RI. ‘’ Beberapa waktu lalu penjabat pengubung partai rapat di KPU serta ada kesepakatan APK di zero kan,” kata Kepala Dinas Satpol PP Kota Sukabumi Yadi Mulyadi kepada wartawan Kamis (25/10). Dalam kesempatan itu partai politik menginginkan sosialisasi lebih lanjut.

Menurut Yadi, KPU juga telah memberitahukan ke setiap partai mana lokasi yang diperbolehkan serta tidak diperbolehkan untuk memasang APK. “Selain itu ada pemasang APK di tempat yang dilarang diharuskan untuk mencabut sendiri. Hasilnya ada beberapa caleg yang secara inisiatif melakukan pencabutan serta Satpol PP melakukan pendampingan,” cetusnya.

Namun ujar Yadi untuk APK yang masih terpasang pihaknya harus tetap berkoordinasi dengan Bawaslu serta KPU. Hal ini disebabkan Satpol PP sebagai aparatur sipil negra (ASN) perlu berhati-hati sebab APK memiliki nuansa politis.

‘’ Karena itu ke depan akan ada kesepakatan tertulis serta penjadwalan penurunan APK,’’ ujar Yadi. Meskipun nantinya ada pihak yang pro maupun kontra dengan kesepakatan untuk menertibkan APK. Bila ada kesepakatan maka akan menjadi dasar bagi tim gabungan bergerak menertibkan APK.

“Sebenarnya di beberapa titik Satpol PP sudah melakukan koordinasi dengan pemilik APK. Di mana respon dari caleg cukup positif serta menertibkan secara mandiri. Namun diperlukan kesepakatan secara bersama agar penertiban bisa dilakukan secara menyeluruh di jalan protokol kota,” tandasnya. rol

Lihat Juga...