Pemdes Parakanlima Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SWT 1440 H

CIKEMBAR — Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1440 Hijriyah dan tasyakur gor desa, di Desa (Pemdes) Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, benar-benar semarak dan meriah. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) Parakanlima menggelar tausyiah yang dihadiri ratusan warga, RT,RW, kader, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, muspika, Babinkantibmas, Babinsa dan lainnya.

Kepala Desa Parakanlima Beben Subeni mengatakan, banyak hal positif dari tradisi mengenang lahirnya Rasulullah. Antara lain meningkatkan ukhwah Islamiah. Bahkan, menjadi ajang menjalin dan mempererat silaturahim antar warga juga dengan pemerintah desa. “Bulan menyambut lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW, nabi akhir zaman sungguh sangat berkesan untuk kami. Antusias warga di desa ini luar biasa untuk memperingatinya, ” kata Beben kepada www.sukabumizone.com Rabu, (07/11).

Menurutnya, Desa Parakanlima belum lama ini juga dinobatkan sebagai desa Tilawah Al-Qur’an sehingga kegiatan tersebut juga dimeriahkan pembacaan Al-Qur’an sebanyak 30 Juz oleh warga perempuan dan 30 Juz warga laki-laki. ” Jadi jika digabung menjadi 60 Juz dan Alhamdulillah langsung khatam,” ujarnya.

Disisi lain ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan itu sengaja digelar untuk mensyukuri atas terselenggaranya pembangunan gor desa yang baru saja selesai pembangunannya. “Ini juga menjadi ajang tasyakur atas terselenggaranya pembangunan gor desa. Dimana, atas bantuan Gubernur Jawa Barat, pada 2018 ini gor desa selesai dibangun,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Cikembar Arif Solihin menuturkan, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah kegiatan wajib yang rutin diselenggarakan oleh seluruh stakeholder di Kecamatan Cikembar. “Sementara tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membangkitkan kembali kesadaran umat Islam agar melaksanakan syariat agama Islam sesuai dengan ketentuan yang telah diturunkan Allah SWT dan Rasulnya,” imbuhnya.

Kegiatan yang diselenggarakan Desa Parakanlima tutur Arif, cukup meriah dan harus ditingkatkan dari tahun ke tahun. “Kegiatan seperti ini adalah kegiatan positif yang harus dikembangkan, dipertahankan dan ditingkatkan di tahun depan,”pungkasnya. (Restu)

 

Lihat Juga...