Pembangunan Infrastruktur Terus Ditingkatkan Pemdes Wangunreja

NYALINDUNG– Kepala Desa Wangunreja Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, letakan batu pertama perehaban Jembatan Gantung di Kampung Cipeueut. Kegiatan tersebut dilakukan seiring turunya Dana Desa (DD) tahap tiga 2018 belum lama ini. Kegiatan tersebut hadiri tokoh masyarakat, LPMD, Muspika, tokoh pemuda dan lainya.

Kepala Desa Wangunreja Ali Nurdin mengatakan, ditahap tiga ini, Pemdes Wangunreja telah merealisasikan DD tersebut untuk empat titik pembangunan yang tersebar dibeberapa kedusunan diwilayah Desa Wangunreja. Ditahap tiga ini, penggunaan anggaran masih mengacu pada sistem pembagian 70 untuk pembangunan infrastruktur dan 30 untuk pemberdayaan.

“Untuk DD tahap tiga ini kami membangun empat kriteria pembangunan di empat titik diantaranya, Perehaban Jembatan Gantung di Kampung Cipeueut, yang membutuhkan anggaran sebesar Rp 91.000,000,-, Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Sirnagalih dengan angaran Rp, 16.000,000,-, Gorong- gorong pasir tugu dengan anggaran Rp,10.000,000,-, dan Pengaspalan Jalan Desa 120 x 2,5 meter mulai dari Kampung Cijolang sampai Ke Kampung Cigoong dengan anggaran Rp, 200.000,000,-,” kata Ali kepada www.sukabumizone.com belum lama ini.

Lanjut Ali, kriteria pembangunan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendongkrak perekonomian warga. ” Pembangunan infrastruktur ini kami utamakan. Sebab, di Kecamatan Nyalindung desa kami masuk katagori desa yang masih tertinggal. Maka, kami akan terus berupaya untuk memprioritaskan mana-mana saja lingkungan yang belum tersentuh pembangunan,” lanjut Ali.

Ia berharap, dengan adanya otonomi daerah atau dengan diberikannya kewenangan oleh pemerintah
pusat untuk mengolah dan mengatur anggaran yang masuk ke desa. Sehingga, ia berharap ke depannya kewenangan yang diberikan dapat dimanfaatkan demi kemajuan.” Kami harap dana yang masuk ini dapat dipergunakan dengan baik untuk pembangunan fisik maupun pemberdayaan.” pungkasnya. (Restu)

Lihat Juga...