Warga Sukabumi Diminta Konsumsi Buah dan Sayur Lokal

SUKABUMI — Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengeluarkan surat edaran supaya masyarakat mengonsumsi buah-buahan serta sayuran lokal. Kebijakan itu diambil menyusul maraknya buah-buahan serta sayuran dari luar negeri atau impor di pasaran.

“Sebagai kepala daerah, saya membuat surat edaran kepada seluruh warga konsumsilah buah-buahan serta sayuran lokal asli Indonesia,” kata Achmad kepada wartawan, Senin (26/11).

Surat edaran itu dikeluarkan pada awal November lalu serta ditujukan kepada aparat kecamatan dan lurah serta masyarakat Sukabumi. “Hal ini mengacu pada hasil kajian atau penelitian yang menyebutkan buah-buahan serta sayuran yang masuk dari luar biasanya juga kurang baik dari segi kesehatan,” imbuhnya.

Kedua, edaran itu untuk penguatan ekonomi petani lokal. Selain kepada masyarakat, imbauan serupa juga ditujukan kepada pasar modern atau supermarket agar menjual buah-buahan serta sayuran lokal.

Untuk mendukung pasokan sayuran buah-buahan serta sayuran lokal, pemkot mendorong pemanfaatan lahan pekarangan untuk memproduksinya. Salah satu contohnya pengembangan sistem hidroponik.

“Ada supermarket yang disiapkan untuk akses kesana,” tutur Fahmi.

Namun, saat ini kendalanya produk dari sistem hidroponik belum bisa secara rutin memasok ke pasaran. “Ke depan diperlukan produksi yang berkelanjutan. Sayuran dan buah-buahan lokal dapat menjadi pilihan utama masyarakat,” pungkasnya. net

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan