Pengurangan Risiko Bencana Dilakukan Pemkot Sukabumi

SUKABUMI — Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di Kota Sukabumi Jawa Barat diminta untuk meningkatkan koordinasi dalam pencegahan serta penanganan bencana. Langkah itu diperlukan agar penanganan bencana dapat dilakukan dengan cepat serta menekan munculnya korban jiwa maupun kerugian materiil.

“Peran SKPD dalam pengurangan risiko bencana sangat penting,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami.

Menurutnya, upaya meningkatkan kesiapsiagaan dimulai dari membangun sinergitas antara aparat penanggulangan bencana dengan SKPD lainnya. Tujuannya adalah membangun kapasitas serta kapabilitas semua pihak dalam kesiapsiagaan bencana.

Selain itu, meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan pemerintah dalam menghadapi risiko bencana berdasarkan potensi bencana di wilayah masing-masing. Hal itu mengacu pada regulasi teknis standar pelayanan wajib dasar kebencanan sesuai dengan Permendagri Nomor 101 Tahun 2018.

Ia menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi kebencanan tingkat Kota Sukabumi kali ini mengambil tema menguatkan kesiapsiagaan terhadap bencana dalam rangka Kota Sukabumi zona tangguh bencana. “Pencapaian ini unuk menuju visi Sukabumi religius, nyaman dan sejahtera (Renyah),” tandasnya.

Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan menambahkan, Kota Sukabumi akan secepatnya menetapkan status siaga bencana banjir serta longsor. “Hal ini dilakukan agar penanganan bencana dapat dilakukan dengan cepat serta tepat sasaran,” tambahnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan