Pemdes Bojong Kembali Merealisasikan DD Tahap Tiga 2018

CIKEMBAR — Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Kecamtan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali mengalokasikan Dana Desa (DD) tahap tiga 2018 untuk membangun tujuh kriteria pembangungan.

Kepala Desa Bojong Asep di Wakili Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Nanang Sutisna mengatakan, tujuh kriteria tersebut tersebar di beberapa kedusunan yakni di Kedusunan Sungapan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Sungai Cipadaraang, di Kedusunan Lemburtengah pembangunan Irigasi Tersier dengan volume 40 x0,30, Pembangunan Drainase di Kedusunan Bojongkaler volume 78 busbeton, pembangunan saluran Drainase sekaligus Saluran Pembuangan Air Limbah (spal) di Kedusunan Bojongkidul volume 110 dan tinggi 70, Panataan taman desa di Lapang Bojong volume 100×0,80×0,40, Pebangunan Spal di Bungurpandak volume 80×0,40×0,30, dan rehab Posyandu di Kedusunan Bungurpandak. “Sedangkan untuk anggara yang digunakan dari DD tahap tiga 2018 sebesar 40 persen dengan nominal kurang lebih Rp 215.000.000,-,” kata Nanang kepada www.sukabumizone.com Selasa (04/12).

Menurutnya, seluruh pembangunan telah mencapai 100 persen dan tanpa kendala yang begitu serius dalam proses pembangunannya. “Alhamdulillah proses pembangunan berjalan sesuai target. Meski tidak kami pungkiri ada sedikit kendala yakni cuaca yang telah memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Lanjut Nanang, proses pembangunan dinilai telah melalui prosedur yang benar seperti melakukan sosialisasi sebelum dan sesudah porses pembangunan. “Untuk menjunjung asas transaparansi kami pun menerapkan program Padat Karya Tunai (PKT) sebesar 30 pesen, pemasangan papan proyek, pemasangan prasasti. Dimana masyarakat akan mengetahui anggaran dan proses pengerjaan langsung di lapangan,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh pembangunan yang dititipkan kepada masyarakat agar turut dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Pembangunan ini telah memakan anggaran yang begitu besar sehingga sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat, ” pungkasnya. (Ginanjar)

 

Lihat Juga...