Roadshow Hari AIDS Sedunia Tingkat Kabupaten Sukabumi Digelar

SUKABUMI KAB — Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya melakukan tes HIV serta pengobatan ARV bagi ODHA harus dilakukan sejak dini dan memulai segera pengobatan ARV, yang merupakan satu-satunya obat HIV, hal ini disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada acara Roadshow Hari AIDS Sedunia Tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2018. Bertempat di Gor Pasangrahan Sagaranten, senin (3/12)

Marwan mengatakan, usia produktif yang masih mendominasi kasus HIV dan AIDS ditahun ini menjadi masalah yang belum bisa diselesaikan.

“Untuk itu diperlukan perhatian, komitmen dan dukungan nyata dari semua pihak dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS, dengan penyebarluasan informasi yang benar tentang HIV AIDS kepada masyarakat dapat meningkatkan kepedulian dan peranan aktif dari masyarakat agar tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA,”tegas Marwan kepada www.sukabumizone.com belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu program pencegahan penularan HIV adalah pencegahan penularan dari Ibu ke Anak (PPIA), dengan demikian dapat menyelamatkan generasi penerus dari penularan HIV.

“Selain untuk menghindarkan penularan HIV kepada bayinya juga menghindarkan bayi yang dilahirkan mengalami kekerdilan (stunting),” ujarnya.

Selanjutnya ia menambahkan, semakin banyak masyarakat yang mengetahui status HIV dan mendapatkan pengobatan ARV dini maka dapat mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV sehingga Indonesia dapat mencapai “3 Zero” yaitu satu tidak ada infeksi baru HIV, dua tidak ada kematian akibat AIDS dan tiga tidak ada stigma dan Diskriminasi untuk mencapai Eliminasi HIV pada 2030.

Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan bekal pengetahuan tentang penularan dan pencegahan penyakit HIV AIDS serta dapat menjadi pelopor gerakan masyarakat hidup sehat. “Selain itu, dapat menghilangkan stigma negative dan Diskriminasi ODHA serta membantu mempercepat penurunan epidemi HIV AIDS,” pungkasnya. (Ismatullah)

Lihat Juga...