Kota Sukabumi Ciptakan 1.500 Wirausaha Baru

SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi serius melahirkan para wirausahawan baru. Caranya dengan menggulirkan program Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center atau sering disebut Sukabumi Kece.

Peluncuran program itu dilakukan di sebuah hotel yang ada di Jalan Siliwangi Kota Sukabumi belum lama ini. ‘’ Program Sukabumi Kece merupakan unggulan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sertaq Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami,’’ kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna kepada wartawan.

Program itu dilakukan dengan membentuk tim Sukabumi Kece yang berasal dari para pelaku UKM yang berhasil serta tengah merintis usaha. Nantinya tim itu akan bersinergi dengan pemerintah untuk mencapai target pembentukan sebanyak 1.500 orang wirausaha baru yang berasal dari RT/RW yang berada di 33 kelurahan.

“Nantinya masyarakat bisa mendaftar ke kelurahan untuk mengikuti program Sukabumi Kece. Warga itu akan diberikan pelatihan, pendampingan produk serta pemasaran serta permodalan pun akan difasilitasi,” paparnya.

Sehingga kini tinggal masyarakat yang berminat untuk mendaftar agar bisa mengikuti Sukabumi Kece. ‘’ Intinya pemerintah ingin membantu masyarakat supaya memiliki kemampuan wirausaha,’’ tandasnya.

Warga bukan hanya mencari kerja melainkan menciptakan lapangan kerja. Harapannya pemerintah bisa membantu masyarakat menjadi pebisnis muda serta menghasilkan produk berkualitas.

“Produk dari para pelaku UKM binaan Sukabumi Kece akan dipasarkan hingga ke luar daerah melalui program Little Sukabumi. Di mana ada komunitas warga Sukabumi di luar daerah yang siap memasarkan produk UKM seperti Batam, Yogyakarta, dan Bandung,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami menambahkan, Sukabumi Kece merupakan pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan serta pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi. “Program ini diprioritaskan untuk warga Kota Sukabumi khususnya warga usia produktif,” tuturnya.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, program Sukabumi Kece untuk merubah mental serta membangun karakter para pelaku usaha muda. ‘’ Mereka akan diajarkan ilmunya serta dibantu tata cara pembukuannya sehingga menjadi wirausaha muda yang mumpuni,’’ imbuh dia.

Fahmi menerangkan, langkah ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. “Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan warga Sukabumi,” pungkasnya. net

Lihat Juga...