Desa Mekarsari Realisasikan DD Tahap Tiga 2018 Untuk Pengadaan Mobil Ambulance

NYALINDUNG – Peruntukan Dana Desa (DD) yang bisa dipergunakan untuk berbagai macam kegiatan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana kesehatan tingkat desa, seperti pembangunan sanitasi lingkungan, jamban, MCK dan lainnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat, merealisasikan anggaran dari DD tahap tiga 2018 untuk pengadaan Mobil Ambulance.

Berdasarkan informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com menyebutkan, pengadaan mobil Ambulance desa sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 22 tahun 2016 tentang penetapan prioritas pembangunan DD, banyak hal yang bisa dilakukan dengan DD. Bahkan, untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial dasar ditingkat desa, pemerintah desa (Pemdes) diperbolehkan menggunakan DD untuk membeli kendaraan roda empat sekalipun.

Kepala Desa Mekarsari Oman Surahman mengatakan, pemdes telah membeli satu unit kendaraan roda empat type APV standar dengan harga Rp. 187,5 Juta on the road. Tentu sebelum pembelian mobil tersebut pemdes telah menempuh prosedur yang telah ditetapkan. Seperti, melakukan musyawarah tingkat kedusunan sampai ke tingkat desa. ” Pembelian mobil ini berdasarkan hasil musyawarah bersama,” kata Oman kepada www.sukabumizone.com Jum’at, (11/01).

Menurutnya, tujuan yang paling mendasar dari pembelian mobil itu adalah untuk menindak lanjuti pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Desa Mekarsari. “Kami berharap ke depan tidak ada lagi kendala pelayanan kesehatan di masyarakat terutama dibidang mobilisasi dan semoga pelayanan kesehatan masyarakat bisa lebih baik,” tuturnya.

Lanjut Oman, pemdes dan masyarakat sepakat bahwa untuk melayani masyarakat yang memang membutuhkan untuk kendaraan apabila sakit atau mau melahirkan, mobil ambulance desa Mekarsari siap mengantar baik ke puskesmas maupun ke rumah sakit sekalipun.

” Alhamdulillah, dengan adanya mobil ambulance desa ini, apabila ada masyarakat atau yang mau melahirkan tidak harus susah mencari kendaraan karena Mobil Ambulance Desa siap mengantar masyarakat secara 24 jam apabila dibutuhkan,” pungkasnya. (Nursuhendar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan