Pemkab Sukabumi Targetkan Kota Tanpa Kumuh di Enam Kecamatan dan 58 Desa

SUKABUMI KAB — Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami resmikan pembangunan replikasi Sarana Air Bersih (SAB) sebagai implementasi replikasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Aula Desa Cibolang Kaler Cisaat, Kamis (31/1).

Marwan mengatakan, Implementasi Program KOTAKU Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)Tahun 2015- 2019, dengan sasaran pembangunan kawasan dengan lokus pengentasan permukiman kumuh dimana pemerintah pusat berperan sebagai pendamping pemerintah daerah untuk pencapaian Gerakan 100-0-100.

Gerakan 100-0-100 merupakan upaya Pemda untuk membangun platform kolaborasi dalam pencegahan dan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh. Sehingga terjadi keterpaduan antar sektor pembangunan untuk bersama-sama bergerak mencapai sasaran pembangunan kawasan permukiman pada tahun 2019.

“Harapan saya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat sesuai dengan tujuan program yakni meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan,” terangnya.

Ia juga menegaskan, tentang komitmen Pemkab Sukabumi dalam kerangka pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui program KOTAKU.

“Program Kotaku di tahun 2019 di programkan di 6 Kecamatan dan 58 Desa, ini adalah wujud kepedulian dan peran serta Pemda Kabupaten Sukabumi terhadap pencapaian target 100-0-100, dengan orientasi pencapaian dan terpenuhinya pelayanan air minum, serta pada prakteknya, program KOTAKU harus mengedepankan partisipasi masyarakat,” tegasnya.

Hadir dalam giat tersebut, Kepala Dis Perkim; Kepala Bappeda, Camat Cibadak, Cisaat dan Cisaat, Konsultan /Koordinator Kota/Kabupaten, Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kabupaten Sukabumi, Fasilitator Kecamatan Cisaat dan Tamu Undangan. (Heri)

Lihat Juga...