Rumah Warga di Baros Sukabumi Terancam Longsor

SUKABUMI — Bencana longsor melanda Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat Jumat (1/2) malam. Dampaknya satu rumah warga yang berada di kawasan itu terancam tertimbun longsor.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, peristiwa longsor terjadi di Kampung Genteng RT 03 RW 02 Kelurahan Baros, Sukabumi. “Kejadian itu mengancam rumah warga salah satunya Ny Yuyun (64),” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami.

Ia menjelaskan, bencana tersebut terjadi pada Kamis (31/1) sekitar pukul 18.00 WIB. Hal tersebut diawali dengan ambrolnya tanah di samping rumah warga. Selanjutnya pada pukul 19.55 WIB terjadi longsor susulan di titik yang sama yang makin mengancam rumah warga.

“Longsornya tanah dikarenakan tingginya intensitas hujan yang terjadi pada kawasan tersebut. Di sisi lain kondisi tekstur tanah yang labil serta bertebing dan bibir sungai sangat rawan untuk terjadinya longsor,” ujarnya.

Longsoran yang terjadi ungkap Zulkarnain mencapai radius lebar 40 meter persegi dengan tinggi delapan meter dengan kemiringan 90 derajat. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada warga yang tertimbun.

“Petugas BPBD, telah mengkonfirmasikan perlunya pemasangan talud di bibir sungai. Selain itu meminta warga supaya waspada sebab saat ini masih di musim penghujan. Langkah ini untuk mencegah munculnya korban jiwa maupun kerugiaan materil,”pungkasnya. (rol)

Lihat Juga...