Pemdes Kertaangsana Tanam 12.000 Bibit Kopi

NYALINDUNG — Pemerintah Desa (Pemdes) Kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, tanam 12.000, bibit pohon Kopi Arabika di salah satu areal destinasi wisata Situ Ranca Bali yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Desa Kertaangsana Agus Sudrajat mengatakan, penanaman kopi itu dilakukan pemdes sebagai upaya penghijauwan lahan seluas kurang lebih enam hektar. ” Karena di lahan ini ada danau maka, terlebih dahulu kami mengadakan musyawarah bersama masyarakat. Ya, hasilnya alhamdulillah mayoritas masyarakat sepakat untuk menanam kopi di lahan tersebut.
Selain penghijauwan lahan ini kami lakukan juga sebagai penataan destinasi wisata, ” kata Agus kepada www.sukabumizone.com Jum’ at, (08/02).

Kepala Desa Kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Agus Sudrajat saat di sambangi www.sukabumizone.com Jum’at (08/02/2019).

Lanjut Agus, karena keterbatasan bibit sementata ini pihaknya baru melakukan penanaman di sekitaran danau saja. Sementara ini, ia juga menegaskan, lebih memilih lahan di sekitar danau untuk penataan, dan kebersihan lingkungan. Apalagi lahan ini berdampingan dengan lingkungan sekolah dari SD, SMP sampai SMA. “Mudah- mudahan adanya penanaman kopi ini lahan lebih terurus dan mempercantik lahan tersebut agar memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, ” ujarnya.

Menurutnya, untuk penanaman kopi berikutnya pihak desa telah mempersiapkan lahan seluas delapan hektar yang saat ini masih digarap masyarakat. ” Ke depan kami telah merencanakan untuk memperkenalkan hal ini kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk meminta kucuran dana agar kami dapat memproduksi kopi sendiri sebagai kopi khas Desa Kertaangsana, ” imbuhnya.

Ia berharap, kebun kopi tersebut bisa jadi etalase dan potensi unggulan desa yang dipimpinya tersebut. “Saat musim panen tiba kami juga bekerjasama denga P3K untuk pembinaan dan pelatihan agar masyarakat pengelola kopi benar- benar memahami budidaya kopi arabik tersebut. Kami harap program ini berjalan sukses sesuai target dan harapan kami,” pungkasnya. (Restu/Agus)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan