Pemkot Sukabumi Akan Bangun Dua Pasar Tradisional

SUKABUMI–Pemerintah Kota Sukabumi Jawa Barat, berencana membangun ulang dua pasar tradisional pada 2019. Langkah itu dilakukan agar keberadaan pasar tradisional dapat lebih baik serta bersaing dengan pasar modern.

Data Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi menyebutkan, dua pasar yang akan dibangun ulang tersebut yakni Pasar Lembursitu serta Pasar Gudang Kota Sukabumi. Sebelumnya di awal 2019 ini dua pasar tradisional berhasil dibangun sarta diresmikan yakni Pasar dan Pusat Kuliner Dewi Sartika yang sebelumnya dikenal Pasar Geledog serta Pasar Degung Kota Sukabumi.

‘’ Dibangunnya dua pasar itu untuk meningkatkan keamanan serta kebersihan sekaligus memberikan kenyamanan kepada pembeli dan pedagang,’’ kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan belum lama ini.

Ia menerangkan, harapannya seluruh pasar di Sukabumi terutama yang bangunannya sudah tidak memadai serta kumuh akan dibangun ulang secara bertahap. “Upaya ini dilakukan supaya seluruh pasar di Sukabumi bisa baik, aman, nyaman, bersih serta sehat,” imbuhnya.

Sehingga perubahan ini dapat meningkatkan jumlah pembeli. Kondisi itu pada akhirnya dapat mendongkrak serta meningkatkan perekonomian di Kota Sukabumi.

Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Ayep Supriatna menambahkan, Pasar Lembursitu serta Pasar Gudang Kota Sukabumi rencananya akan dibangun ulang dengan konsep yang bersih serta tidak kumuh. ‘’ Dibangunnya kedua pasar agar dapat memberikan serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat,’’ cetusnya.

Anggaran biaya pembangunan kedua pasar itu lanjut Ayep diperkirakan mencapai Rp 25 miliar. “Rinciannya untuk Pasar Lembursitu diperkirakan mencapai Rp 10 miliar serta Pasar Gudang Rp 10 miliar sampai dengan Rp 15 miliar,” pungkasnya.(red)

Lihat Juga...