Pencuri Pembobol Kartu ATM Ditangkap Polres Sukabumi Kota

SUKABUMI — Polres Sukabumi Kota Jawa Barat, membekuk lima kawanan pencuri pembobol kartu ATM. Para pelaku melakukan aksinya di sejumlah ATM yang ada di Kota Sukabumi.

Data dari Polres Sukabumi Kota menyebutkan, ke lima pelaku adalah ITW (42), H (42) serta NS (37), M (35), dan J (38). Kawanan itu berasal dari Lampung Selatan.

“Pengungkapan kasus itu dilakukan sebab aksi mereka meresahkan masyarakat,” kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan Kamis (28/2). Dalam aksinya mereka mengganjal mesin ATM sehingga ketika digunakan mengalami macet.

Selanjutnya, korban meminta bantuan kepada pelaku yang berpura-pura mengantri di ATM. Lalu pelaku mengganti kartu ATM korban dengan yang lain.

Menurutnya, pelaku memperhatikan nomor PIN yang dimasukkan korban. “Berikutnya pelaku menguras isi ATM korban di tempat yang lain,” ujarnya.

Dari para tersangka berhasil diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 74 kartu ATM berbagai bank, uang tunai sebesar Rp 1,9 juta, sebuah gunting besi, tusuk gigi, sebilah cutter serta satu pinset atau penjepit.

“Ke depan masyarakat dapat lebih mewaspadai modus pembobolan kartu ATM,” kata Susatyo. Misalnya ketika bertransaksi dengan mesin ATM serta ada yang mengganjal atau kartu tersangkut maka jangan mudah meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal.

Para pelaku kata Susatyo, dijerat dengan Pasal 362 KUHPidana tentang Pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara serta Pasal 378 KUHPidana Penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara. (red)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan