Pemdes Kertaangsana Siap Realisasikan Bantuan RTLH 2019

NYALINDUNG — Pemerintah Desa (Pemdes) Kertaangsana Desa Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, siap realisasikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di 2019 ini. Dari informasi yang diperoleh, di tahun ini pemdes telah menentukan pemenang bantuan tersebut yakni salah sorang warga di Kampung Cibayondah RT 05/03 Kedusunan Ciangsana.

“Karena kuotanya hanya satu unit per tahun, sehingga kami harus benar-benar selektif menentukan siapa yang berhak menerima bantuan RTLH,” kata Kepala Seksi Kesejahtraan Desa Kertaangsana Ade Priatna kepada www.sukabumizone.com belum lama ini.

Menurutnya, kriterai penerima bantuan harus benar-benar warga tidak mampu dan memiliki kondisi tempat tinggal yang sangat tidak layak. “Penerima di tahun ini adalah seorang warga yang memiliki rumah dengan kondisi rumah rusak berat. Selain itu, ia merupakan penyandang disabilitas,” ujarnya.

Lanjut dia, dari hasil pendataan sementara yang dilakukan pemdes ada sebanyak 20 rumah warga yang membutuhkan bantuan tersebut. “Ya, mudah-mudahan seluruhnya mendapatkan bantuan meski prosesnya bertahap,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kertaangsana Agus Sudrajat menambahakan, bantuan yang dikucurkan berupa pembangunan RTLH harus benar tepat sasaran. ” Kami memiliki pertimbangan khusus terkait penerima bantuan. Dimana, penerima harus benar warga tidak mampu, tidak memiliki pekerjaan, memiliki penyakit dan lainya,” tambah Agus.

Ditanya mengenai sumber RTLH dari Dana Desa (DD)?Ia menjawab, sementara ini pemdes belum bisa mengalokasikan dana tersebut untuk RTLH. Pasalnya, masih banyak pembangunan bersifat kepentingan umum yang menjadi skala prioritas. “Bukan tidak penting. Hanya saja apabila dana ini digunakan untuk RTLH hanya dirasakan satu kepala keluarga. Berbenda jika dibangun prasarana lain seperti infrastruktur jalan sebagai penunjang sarana ekonomi, kesehatan dan pendidikan yang kami nilai lebih penting,” pungkasnya. (Nur Suhendar)

Lihat Juga...