Rawan Longsor, Seribu Bibit Pohon Ditanam di Kecamatan Nyalindung

NYALINDUNG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat beserta Koramil Nyalindung dan Relawan dari berbagai daerah, sambut Hari Hutan Nasional yang jatuh pada 21 Maret 2019 dengan menanam seribu bibit pohon di lokasi rawan longsor Kamis, (21/03).

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widyaman mengatakan, penanaman seribu bibit pohon tersebut di sebar di tiga desa yakni Desa Cijangkar, Desa Mekarsari serta Desa Ketaangsana.” Kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan persis terletak di atas sesar balibis yang setiap tahun terjdi pergerakan tanah. Sehingga, sering terjadi longsor,” kata Eka kepada Wartawan www.sukabumizone.com Kamis (21/03).

Ia mejelaskan, atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi beserta komunitas dan masyarakat berterimakasih kepada program pembibitan Budi Asih. Sebab, melalui program Citarum Harum bantuan bibit pohon sebanyak tiga ribu dari empat jenis pohon yakni Pohon Sirsak, Kisirem, Manii serta Nangka dapat diterima.” Insya Allah bantuan ini akan kami sampaikan kepada masyarakat dan akan ditanam dimulai dari yang rawan bencana,” jelasnya.

Ia berharap, penanaman seribu bibit pohon di Kecamatan Nyalindung berdampak pada kesadaran masyarakat bahwa mereka setiap hari tinggal di daerah rawan longsor.” Selain itu, mudah-mudahan kerja sama ini dengan Citarum Harum bisa berlanjut,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Danramil Nyalindung Kapten Infantri Kusmana menambahkan, tujan penanaman bibit pohon tersebut agar wilayah ini tidak tergerus tanah longsor dan tidak merugikan pemukiman warga yang ada di bawah serta menjaga kelestarian alam.”Selain itu, kami menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah ini agar bisa memelihara setelah kami tanam bibit pohon ini,” ujarnya.

Semetara itu, Sekmat nyalindung Ana Rudian Nugraha menegaskan, dengan adanya koordinasi dan kerjasama serta gotong royong yang sangat baik. Maka, penanaman seribu bibit pohon dapat terwujud.” Disisi lain, tentunya kami mengajak masyarakat juga bisa terlibat langsung nanti dalam pemeliharaanya jangan sampe acuh. Agar dirasakan manfaat dari penanaman pohon ini oleh masyarakat,” cetusnya

Kepala Desa (Kades) Cijangkar Rana Yuniar melalui Sekertaris Desa (sekdes) Deni menuturkan, dengan adanya penanaman bibit pohon sangat baik dan sangat bagus untuk jangka panjang sehingga bisa meminimalisir terjadinya bencana alam.” Kami harap penanaman pohon ini bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat,” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...