Puluhan Pengrajin Di Desa Tarisi Peroleh Bimbingan Teknis

WARUNGKIARA — Pengelolaan usaha kerajinan tangan untuk mendongkrak faktor ekonomi masyarakat terus dikembangkan Pemerintah Desa (Pemdes) Tarisi Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Salah satu upaya yang dilakukan pemdes adalah memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas masyarakat yang diikuti 50 orang pengrajin di Aula Desa Tarisi Selasa, (16/04).

Kepala Desa Tarisi Mad Halim diwakili Sekretaris Desa Tarisi Rumaedi Yajid mengatakan, saat ini pemerintah desa tengah menggali potensi-potensi baik dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk itu, melalui Dana Desa (DD) tahap satu 2019 bidang pemberdayaan atau non-fisik kami melakukan Bimtek peningkatan kapasitas bagi puluhan pengrajin seperti Pengrajin Ayaman Besek Ikan,Tampah, Bakul dan lainnya, “Kata Rumaedi saat dihubungi www.sukabumizone.com Selasa, (16/04).

Menurut Rumaedi, pengembangan industri kecil di tingkat desa tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mandiri di masyarakat.

” Setelah para pengraji ini memperoleh bimbingan diharapkan, akan mampu memberikan kontribusi positif bagi Desa Tarisi. Selain itu, hasil karya kretif mereka bisa menjadi iconnya Desa Tarisi,”ujar dia.

Ia juga berharap, masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya dengan mengandalkan kretifitasnya sebagai seorang pengrajin tanpa haraus mengandalkan pekerjaan sebagai buruh, petani dan lainnya.
“Setelah Bimtek ini maka ke depan industri-industri kecil namun bermanfaat besar dapat tumbuh dan berkembang di desa kami,” pungkasnya. (Agus)

 

Lihat Juga...