Tanggul Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Desa Padabunghar Terancam Gagal Panen 

JAMPANG TENGAH– Akibat bencana pergerakan tanah sebuah tanggul Irigasi di Desa Padabeunghar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, jebol Minggu, (05/05). Akibatnya, puluhan hektar sawah kekeringan dan terancam gagal panen.

“Kejadiannya sekitar seminggu yang lalu sampai saat ini, belum ada tanggapan serius dari pemerintah yang di atas melalui BPBD Kabupaten Sukabumi untuk memperbaiki tanggul irigasi jebol dampak bencana ini. Sementara kami berusaha menggalang dana swadaya. Bahkan, saya selaku kepala desa menggunakan dana talangan pribadi untuk membeli sebanyak 30 beronjong karena prihatin kepada para petani apabila air tidak secepatnya mengalir ke sawah maka mereka akan rugi besar,” ungkap Kepala Desa Padabeunghar Hendrik didampingi Sekretaris Desa Padabeunghar Edwarnus BNB kepada www.sukabumizone.com belum lama ini.

Menurutnya, total sawah yang dialiri air dari irigasi tersebut seluas 42 Hektar dan yang terkena dampak sebanyak 20 Hektar. “Jelas ini bukan angka yang sedikit sehingga, pemerintah yang di atas harus cepat tanggap,” tandasnya.

Sekretaris Desa Padabunghar Edwarnus BNB menambahkan, PR perbaikan yang harus dilakukan adalah memperbaiki tanggul dan melakukan pengerukan saluran irigasi yang tertutup tanah. “Pergerakan tanah ini telah menutup sebagian besar jalur irigasi. Memang pekerjaan akan menjadi dua tahap,” tambahnya.

Ia berharap, meski tugas BPBD Kabupaten Sukabumi berat karena adanya bencana pergerakan tanah di Kecamatan Nyalindung. “Namun, bukan berarti bencana di daerah kami juga dibirakan. Tetap saja mereka harus memberikan solusi yang tepat sebelum ada dampak lainnya yang mengakibatkan para petani merugi di desa kami, “harapnya. (Agus)

Lihat Juga...