Sosialisasi Zakat Fitrah dan Zakat Maal 1440 Hiriyah Digelar Pemdes Bojongkerta

WARUNGKIARA — Sebagai salah satu upaya pemahaman kepada muslim mengenai Zakat Fitrah dan Zakat Maal Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkerta Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar Sosialisasi Panduan Zakat Fitrah dan Zakat Maal 1440 Hijriyah – 2019 di Aula Desa Bojongkerta Selasa, (14/05).

Kegiatan tersebut dihadiri BAZ Kecamatan Warungkiara, staf kecamatan, para ketua DKM Masjid Jami, para Ketua RT/RW dan tokoh agama. ” Alhamdulillah selama tiga tahun berturut-turut kami sebagai peringkat pertama di tingkat kecamatan terkait pengumpulan zakat,” kata Kepala Desa Bojongkerta Ukon Mutahar diwakili Sekretaris Desa Bojongkerta Nourmageni saat disambangi www.sukabumizone.com di sela-sela acara Selasa, (14/05).

Tujuan dari acara ini tutur Nourmageni adalah agar nantinya pelaksana Zakat bisa mengerti dan memahami aturan aturan dalam pemabagian Zakat sesuai Syari’at Islam, karena belakangan ini masih banyak pelaksana Zakat yang tidak mengikuti aturan sepeti lebih memberikan Zakat kepada perseorangan dari pada kepada pihak-pihak yang telah ditentukan. “Acara ini sengaja dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Tentu, sebagai umat muslim anjuran untuk zakat ialah wajib,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa Zakat harta (mal) dalam pengertiannya adalah zakat yang wajib dikeluarkan dari harta seorang muslim apabila sudah mencapai jumlah tertentu (nishab) sedangkan Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang Muslim menjelang hari raya Idul Fitri pada bulan Ramadhan. “Besar Zakat ini setara dengan 2,5 kilogram/3,5 liter makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan atau apabila di nominalkan dengan angka dan harga tahun ini adalah Zakat Fitrah Rp. 27.500 di tambah Zakat Maal Rp. 2500 jadi totalnya yakni 30.000,- per orang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi saat ini menumbuhkan kesadaran bagi umat muslim khsusunya di Desa Bojongkerta agar memberikan zakat pada pihak yang tepat. “Sehingga, pembagian zakat ini dapat lebih terarah dan tepat sasaran,” tandasnya.

Di tempat yang sama Ketua RW 01 Erwan mengaku, sangat antusias mendukung adanya sosialisasi Zakat Fitrah dan Zakat Maal tersebut. Pasalnya, ia mengaku sosialisasi pehamaham zakat secara meluas sulit diperoleh. ” Kami mendukung serta tantusias mengikuti sosialisasi ini. Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi seperti ini pemahaman kami dan masyarkat bertambah terkait zakat,” singkatnya. (Ginanjar)

 

Lihat Juga...