Akses Jalan Desa di Parakansalak Sukabumi Terputus Akibat Longsor

SUKABUMI — Bencana longsor kembali terjadi kali ini longsor menerjang Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Rabu (16/5) sore. Dampaknya jalan amblas akibat gorong-gorong di bawahnya tergerus longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, longsor tepatnya terjadi di Kampung Cikupa RT 02 RW 06 Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi pada Rabu (15/5) sekitar pukul 15.15 WIB. Jalan itu menghubungkan Desa Lebaksari dengan Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak.

“Akibat hujan deras serta angin kencang mengakibatkan gorong-gorong amblas memutus jalan kabupaten penghubung antar desa dan kecamatan,” ungkap Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna kepada wartawan Kamis, (16/5).

Lokasi jalan putus tepatnya di Kampung Cileuleuy Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak. Jalan longsor mencapai panjang 10 meter serta lebar 6 meter dan tinggi 8 meter sehingga akses lalu lintas terputus dan tidak bisa dilintasi kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Daeng menjelaskan, petugas di lapangan sudah berupaya melakukan upaya penanganan. Harapannya jalan yang terputus itu bisa segera ditangani oleh instansi terkait. “Sehingga, jalan terputus ini bisa kembali dilalui oleh warga. Terlebih jalan tersebut merupakan akses utama bagi warga di wilayah tersebut,” imbuhnya.

Kerugian akibat bencana tersebut mencapai Rp 300 juta. Bencana tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.

Sebelumnya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang siaga darurat bencana banjir dan longsor pada 1 Nopember 2018 lalu. Kebijakan ini diambil untuk mempercepat penanganan bencana di lapangan.

Ketentuan itu yakni Keputusan Bupati Nomor 360/Kep.620-BPBD/2018 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Pergerakan Tanah di Kabupaten Sukabumi tahun 2018-2019. Masa berlakunya status tersebut mulai 1 Nopember 2018 hingga 31 Mei 2019.(rol)

 

Lihat Juga...